JavaScript dan fungsinya untuk sebuah website - Blog Tekno UNISBANK
Apa itu JavaScript _ Fungsinya untuk Sebuah Website

Seorang developer web pasti mengetahui mengenai pentingnya bahasa pemrograman JavaScript dan fungsinya untuk sebuah web. Saat mengunjungi sebuah website di internet, tak jarang kita menemukan sejumlah website yang punya tampilan dinamis dan interaktif. Misalkan saja saat kita menekan sebuah tombol, seketika langsung muncul sebuah kotak dialog di layar. Atau jika kita pergi ke website sebuah rumah sakit, yang dimana jumlah pasiennya bisa bertambah sendiri secara realtime.Untuk membuat semua kecanggihan tersebut, kita membutuhkan sebuah teknologi bernama JavaScript.

Apa itu JavaScript?

JavaScript hakikatnya adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan pada website yang umumnya membuat halaman web menjadi lebih dinamis dan interaktif. Javascript memungkinkan sebuah website untuk dapat berinteraksi dengan pengunjung. Ini secara otomatis dapat meningkatkan pengalaman pengunjung karena mengubah dari halaman web yang statis menjadi dinamis.

Keunikan lainnya dari JavaScript adalah mampu meminta data baik itu gambar atau dokumen kedalam web tanpa merespons ulang keseluruhan halaman. Fitur ini akan membuat pengguna langsung melihat perubahan data yang ada tanpa harus menunggu lama memuat seluruh halaman baru. Fitur ini sering kita lihat di media sosial seperti layanan like dan comment.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang berjalan di web. Untuk menjalankan sebuah perintah javascript, kamu hanya perlu membuka file HTML nya di browser. Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang tidak berjalan di browser, memerlukan sebuah perangkat compiler untuk menjalankan perintahnya. Dengan JavaScript, web browser lah yang berfungsi sebagai compiler nya. Sehingga untuk mencari error atau kesalahan, semua sudah terlihat di web browser kamu.

Penggunaan JavaScript pada website juga cukup beragam. JavaScript mampu memanipulasi bagian depan atau tampilan sebuah website (frontend) maupun mengambil data dari server (backend). Sehingga dengan mempelajari satu bahasa pemrograman (JavaScript) kamu bisa melakukan segala hal di website pribadi kamu.

Itulah tadi dia beberapa poin mengenai apa itu JavaScript dan fungsinya pada website. Dengan ini semoga kamu yang ingin belajar JavaScript menjadi tercerahkan dan lebih semangat lagi. (buddy).

Baca juga artikel mengenai Bahasa Pemrograman Python dan Kegunaannya!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *