CSS untuk Menghias Website - Blog Tekno UNISBANK
CSS untuk menghias website

CSS merupakan sebuah bahasa pemrograman untuk menghias sebuah website. Sebagai peselancar di dunia maya, pastinya kamu sering banget mengunjungi sebuah website di internet. Entah hanya sekedar browsing atau untuk kebutuhan mengerjakan tugas. Ada banyak sekali situs atau website yang tersebar di internet. Yang tentunya menawarkan kamu suatu tulisan yang bermanfaat. Yang tak jarang juga suatu website punya tampilan yang menarik, warna-warni, hingga enak banget buat di pandang.

Untuk membangun sebuah website yang utuh, diperlukan beberapa teknologi didalamnya. Salah satunya adalah HTML, file yang berfungsi mengatur dan memformat dokumen yang akan ditampilkan. Namun file HTML saja belum cukup bisa untuk membuat sebuah halaman yang menarik. Tentu saja kita tidak ingin tampilan website kita hanya berisi barisan tulisan yang tidak rapi kan. Maka dari itu perlu ada sebuah teknologi lagi yang berfungsi untuk merapikan dan menghias markup yang sebelumnya sudah dibuat melalui HTML. Teknologi tersebut bernama CSS.

CSS untuk menghias sebuah website

Cascading Style Sheet atau yang biasa disingkat CSS adalah sebuah teknologi untuk mengatur dan merapikan layout dari sebuah website. Pada awalnya, fungsi-fungsi pada CSS dijadikan satu kedalam file HTML. Ketika hendak menuliskan tag dan konten pada file HTML, disitu pula kita juga menambahkan fungsi CSS. Namun karena dinilai terlalu panjang dan tidak efisien, akhirnya fungsi layouting ini dibedakan menjadi file yang berbeda dan munculah file CSS.

CSS punya fungsi yang tak kalah powerfull terhadap sebuah website. Dengan CSS kita bisa mengatur jenis font, warna text, ketebalan text, baris antar paragraf, padding, margin, mengatur background, dan masih banyak lagi. Singkatnya, penggunaan CSS diterapkan agar website kita menjadi mudah dibaca dan memberi pengalaman yang baik saat dikunjungi oleh user. Sama seperti kamu yang betah membaca sebuah artikel karena penempatan atau ukuran huruf yang tepat.

Dengan CSS, kamu juga bebas mengekspresikan dirimu kedalam website yang akan kamu bangun. Kamu bisa memberi aksen warna, menempatkan bar menu sesuai keinginan, mengatur jenis font yang kamu banget, dan masih banyak lagi. Namun memang dalam menentukan desain sebuah website tidaklah sembarangan. Juga perlu ilmu khusus yang mempelajari tentang bagaimana membuat tampilan website yang baik.

Dari poin-poin diatas kita dapatkan beberapa penjelasan dan fungsi dari CSS. Dengan begitu kamu bisa lebih mengerti dan mendapat gambar soal teknologi ini. Semangat dan selamat belajar! (buddy).

Baca juga artikel mengenai Fungsi PHP pada website!

By admin