Mengenal Bahasa C dan kegunaanya - Blog Tekno UNISBANK
mengenal bahasa c dan kegunaannya

Setiap progamer pasti mengetahui apa itu Bahasa C dan kegunaanya. Buat kamu yang sudah atau hendak masuk ke dalam dunia pemrograman, wajib tahu bahasa pemrograman yang bernama C, dimana bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang usianya sudah cukup tua dan bahasa inilah yang awalnya digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain, sehingga saat ini sudah banyak macam bahasa pemrograman.

Bahasa C dan kegunaanya

Bahasa C merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programming language). Mulai dari membuat sistem operasi (Windows, Linux, android), antivirus, aplikasi pengolah gambar, hingga membuat compiler untuk bahasa pemrograman lain.

Walaupun bahasa C dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi, namun bahasa ini tetap mempunyai kecocokan pada bidang tertentu. Saat ini bahasa C lebih sering digunakan untuk mengembangkan sistem operasi dan hardware. Yang dimana ini sesuai dengan tujuan awal penciptaan bahasa C itu sendiri.

Pada awal mulanya, bahasa C diciptakan untuk pengembangan sistem operasi UNIX pada tahun 1972. Peneliti yang bertanggung jawab membuat ini adalah Dennis Ritchie dan Ken Thompson di pusat penelitian milik Bell Labs di Amerika. Hingga akhirnya sampai saat ini, bahasa C memang ditujukan untuk mengembangkan sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Android.

Bahasa C disebut-sebut sebagai bahasa yang cocok untuk dipelajari oleh pemula. Ini karena konsep pemrograman dan sintaks pada bahasa C kurang lebih hampir sama dengan bahasa lain, mengingat bahwa semua bahasa pemrograman dibuat menggunakan C. Bahasa C juga dinilai akan mampu memperkenalkan konsep pemrograman kepada pemula yang belum pernah sama sekali mencoba pemrograman.

Karena usianya yang sudah cukup tua, membuat komunitas dan sumber belajar lain tentang bahasa C menjadi terbuka lebar. Untuk pemula yang ingin belajar, pasti tidak akan kesulitan karena sumber referensi dari bahasa ini sangat banyak di internet. Serta tidak usah takut ketinggalan zaman karena sampai saat ini bahasa C masih banyak yang menggunakan.

Itulah tadi dia beberapa pembahasan kita mengenai induk dari bahasa pemrograman yaitu bahasa C. Semoga dengan kamu bisa jadi tambah mengerti dan tertarik untuk belajar pemrograman. Semangat dan semangat belajar! (buddy).

Baca juga artikel mengenai CSS untuk menghias sebuah website!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *