Kali ini kita akan membahas tentang bahasa pemrograman C#. Jika kamu tertarik untuk belajar membangun sebuah game, C# adalah bahasa yang cocok. Tak hanya itu, dengan bahasa ini kita bahkan bisa membuat aplikasi web, mobile, dan desktop. Nah tapi sebelum buru-buru pengen ngoding, ada baiknya kamu kenalan dulu dengan bahasa C# ini.

Yang pertama harus kita perhatikan adalah pengucapan dari nama bahasa pemrograman ini. Cara baca yang benar adalah ‘si sharp’, mirip dengan nama notasi balok pada tangga nada. Jadi cara bacanya begitu ya, bukan ‘si pagar’ atau ‘ce pagar’.

Pengembangan C++

Windows ialah perusahaan yang pertama kali mengembangkan bahasa C++. Secara konsepnya, ada yang mengatakan bahwa bahasa ini mirip dengan C++ dan Java. Karena itu banyak yang bilang C# adalah tiruannya Java. Kemiripan ini yang membuat banyak orang memiliki stigma bahwa kalau sudah menguasai Java maka akan mudah untuk mempelajari C#, begitupun sebaliknya. Namun pencipta C# terus menentang hal ini, dengan mengatakan C# berbeda dengan Java.

C# merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programming atau pemrograman berbasis objek. Bahasa ini juga bisa membuat aplikasi yang mampu berjalan di semua platform (general-purpose programing language). Karena kemampuannya yang seperti itu, untuk berbagai macam proyek besar banyak developer yang menggunakan bahasa C# ini.

Perlu kamu ketahui bahwa bahasa C# hanya mampu dijalankan melalui mesin virtual bernama .NET. .NET adalah semacam mesin virtual yang tugasnya menjalankan fungsi kode C#. Program C# tidak seperti bahasa C atau C++ yang akan diubah ke bahasa Assembly agar dimengerti dan diproses oleh processor. Kode C# akan di compile menjadi CIL (Common Intermediate Language). Nah CIL ini merupakan bahasa yang dimengerti oleh .NET, baru kemudian bisa di jalankan.

Semua program yang mana bahasa C# sebagai bahasa pemrogramanya harus me- compile menjadi CIL terlebih dahulu baru kemudian bisa berjalan melalui .NET. Jika tidak seperti itu maka programnya tidak akan jalan. Jadi singkatnya, tanpa .NET kita tidak akan bisa menjalankan program yang terbuat dengan bahasa C#. Maka pastikan kamu sudah punya .NET dulu sebelum menulis kode panjang lebar.

Saat ini para developer banyak menggunakan bahasa C# untuk mengembangkan game. Jika salah satu alasan kamu belajar C# adalah untuk mengembangkan game, maka kamu bisa dibilang berjalan ke arah yang benar. Ini karena banyak orang merekomendasikan C# ketimbang Java jika digunakan untuk membuat game.

Nah itulah tadi dia penjelasan mengenai bahasa pemrograman C#. Semoga dengan ini kamu bisa tambah mengerti dan paham terhadap C#. Selamat dan semangat belajar semuanya! (buddy).

By admin