Bahasa R

Bahasa pemrograman R adalah bahasa yang khusus untuk para developer yang ingin mengembangkan aplikasi yang berkaitan dengan statistik. Jika kamu pemula yang ingin terjun kedalam dunia teknologi khususnya di pemrograman, kamu wajib banget mengenal yang namanya bahasa pemrograman. Nah, jika kamu tertarik di bidang data science atau analisis data, maka kamu harus kenal dengan bahasa pemrograman R. Dalam data science, bahasa R ini boleh banget buat jadi latihan dasar. Tapi alangkah baiknya, kamu kenalan dulu sama bahasa yang satu ini.

R sebenarnya dibuat dengan basis bahasa pemrograman S. Pada akhir tahun 1970-an, AT&T Bell Labs mengembangkan bahasa S. Pada waktu itu banyak para peneliti dan akademis menggunakan bahasa pemrograman S meskipun termasuk software yang berbayar dalam melakukan kegiatan ilmiah mereka.

Mengutip dari markey.id, Bahasa R sebenarnya adalah satu kesatuan software yang saling berintegrasi dengan berbagai fasilitas sehingga bisa melakukan manipulasi, perhitungan, dan visualisasi grafik yang handal. Selain itu perusahaan besar juga banyak menggunakan R untuk mencari data scientist yang dapat mengelola dan menganalisis data perusahaan mereka dalam rangka membantu pengambilan kebijakan proses bisnis.

R programming merupakan bahasa fungsional

Kata markey.id, R programming merupakan bahasa fungsional yang menggunakan standar operasi aljabar sehingga dapat melakukan operasi perhitungan numerik. Di dalam R juga tersedia fasilitas perhitungan dengan menggunakan fungsi. Nah dengan fitur tersebut, bahasa R menjadi andalan bagi para statistikawan, data scientist, dan matematikawan dalam melakukan berbagai penelitian mereka.

Nah di tengah berkembangnya era yang semakin membutuhkan data, bahasa R ini sekarang juga sedang berada di puncak popularitas. Dikutip dari TechRepublic, per agustus 2020, bahasa R meraih peringkat 8 dalam daftar 10 besar bahasa pemrograman di dunia. Yang mana peringkat ini dibuat oleh komunitas programming TIOBE. Ini juga sesuai dengan meningkatnya penggunaan data science pada teknologi saat ini, yang otomatis membuat bahasa R ini menjadi naik daun.

Namun jangan kuatir, bahasa R ini bersifat open source dan berlisensi pada GNU General Public License. Yang dimana dibuat oleh para peneliti yang handal dari seluruh dunia dengan biaya murah serta dapat diunduh secara gratis di internet. Dan yang terpenting adalah R memiliki komunitas yang sangat besar dan luas di dunia. Ini tentu saja menguntungkan kamu para pemula yang ketika belajar dan menemukan kesalahan atau error pada program kamu.

Itulah tadi dia pembahasan kita tentang bahasa pemrograman R. Walaupun memang terdengar asing di telinga kamu, namun bahasa ini tengah populer saat ini dalam mengembangkan data science. Selamat dan semangat belajar semuanya! (buddy).

By admin