Bagi kamu yang ingin menjadi developer aplikasi desktop terutama pada sistem operasi Windows, kamu harus belajar Bahasa pemrograman Visual Basic. Selain itu bahasa pemrograman ini sangat populer karena mudah dipelajari oleh pemula. Karena syntax dan keyword di bahasa ini sangat mudah dipahami.

Bukan bahasa pemrograman biasa!

Menurut Thought.co, Visual Basic bukanlah bahasa pemrograman biasa. Perusahaan Microsoft ialah pengembang bahasa ini, yang mana membuat bahasa Visual Basic menjadi salah satu sistem yang dengan mudah membuat aplikasi desktop untuk Windows. Nah menarik bukan? Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas bahasa Visual Basic.

Microsoft Visual Basic atau yang biasa disingkat VB ini adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 1991. Banyak yang menyebutkan bahwa Visual Basic adalah evolusi dari bahasa BASIC. Visual Basic memang dari awal dirancang untuk dioperasikan menggunakan interface programming yang disebut IDE (Integrated Development Environment).

IDE ini nantinya mampu menyederhanakan dan meminimalisir kesalahan dalam menulis program, kemudian menyarankan perbaikan. Karena hal inilah Visual Basic disarankan untuk para pemula berkat kemudahan yang ditawarkan.

Visual Basic memiliki keistimewaan tersendiri dalam membangun program untuk sistem operasi Windows. Jadi sederhananya, Visual Basic telah disertai software yang secara otomatis membuat pemrograman terperinci yang dibutuhkan oleh Windows. Jadi nantinya program yang dihasilkan memang berbasis sistem operasi Windows.

Selain itu, karena ditulis menggunakan IDE, pembuat script bisa menjalankan dan melihat hasil program tersebut secara langsung di layar komputer mereka. Nah karena itulah bahasa ini disebut dengan ‘Visual’ Basic.

Bahasa Pemrograman ini menggunakan metode pemrograman Object Oriented Programming atau OOP. Maka dari itu banyak yang merekomendasikan Visual Basic kepada pemula yang hendak belajar konsep dan algoritma pemrograman. Yang dimana konsep ini sampai sekarang masih sering digunakan untuk membuat berbagai proyek raksasa.

Nah itulah tadi dia pembahasan kita mengenai bahasa pemrograman Visual Basic. Semoga dengan ini kamu bisa jadi tambah mengerti dan paham mengenai Visual Basic. Selamat dan semangat belajar semuanya! (buddy).

By admin