Yang Belum Tau, Cara Sembunyikan Status Online WA dan Hapus Centang Biru
whatsapp

Terkadang kita bingung atau tidak tahu bagaimana cara untuk membersihkan cache Whatsapp. Cache adalah sebuah data yang digunakan aplikasi untuk menyimpan informasi pada ponsel. Makanya ketika kamu membuka aplikasi tersebut di lain waktu, informasinya akan tetap tersimpan. Ketika kamu sedang menjalankan sebuah fitur aplikasi di smartphone, itu pasti akan menghasilkan cache.

Namun seiring berjalannya waktu, menyebabkan data cache yang tersimpan di ponsel menjadi menumpuk dan membuat memori penuh. Sebab, setiap aplikasi di ponsel memiliki ruang penyimpanannya sendiri.

Tak jarang, kasus tersebut membuat performa ponsel menjadi lambat dan tidak semulus seperti waktu awal. Penyimpanan data cache berupa stiker, gif, audio, gambar, dan video ialah hal yang bisa menyebabkan terjadinya hal ini. Bahkan histori percakapan dan data yang dibagikan melalui personal maupun grup, juga menjadi penyebab di balik masalah ini.

Nah, maka dari itu, agar performa ponsel kamu menjadi sehat dan prima kembali, sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala salah satunya dengan menghapus data cache yang menumpuk karena aplikasi whatsapp. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache dari aplikasi whatsapp.

Perlu diketahui bahwa adanya pembaruan sistem maupun tampilan, bisa saja akan berubah dan berbeda dengan cara di bawah ini.

Berikut cara membersihkan cache Whatsapp.

1. Pertama buka aplikasi whatsapp yang sudah terinstall di ponsel.

2. Ketuk icon tiga titik yang ada di pojok kanan atas layar.

3. Lalu pilih “setelan”.

4. Setelah tampilan setelan terbuka, pilih opsi “penyimpanan dan data”.

5. Kemudian pilih opsi “kelola penyimpanan”. Setelah terbuka, akan tampil sebuah bar berwarna hijau dan kuning. Yang menampilkan berapa besaran memori yang terpakai untuk whatsapp dan aplikasi lainnya.

6. Kemudian di bawah bar tersebut terdapat daftar kontak personal maupun grup. Kamu bisa memilih kontak dengan kapasitas memori paling besar. Ketika kamu pilih, didalamnya terdapat media seperti foto, gif, video, dan lain-lain. Kamu bisa menghapus salah satu atau memilih semuanya.

7. Setelah kamu menghapus beberapa file tadi, akan terjadi penurunan jumlah cache pada bar.

Nah itu tadi cara untuk menghapus cache pada aplikasi whatsapp. Semoga informasi tadi dapat membantu untuk mengembalikan performa ponsel kamu kembali normal.

By admin