Buat kamu yang suka dengan dunia teknologi khususnya di pemrograman dan hendak melanjutkan pendidikan ke universitas, kamu wajib banget mengenal bahasa pemrograman Pascal. Bukan tanpa alasan, bahasa Pascal bisa saja jadi bahasa yang mana universitasmu menggunakannya. Nah nggak ada salahnya kan kalau kamu bisa paham dulu tentang bahasa pemrograman ini. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bahasa pemrograman Pascal.

Kenapa harus bahasa Pascal?

Bahasa Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang konsepnya sering kali terpakai untuk kebutuhan akademis. Bahkan saat ini bahasa Pascal juga menjadi standar bahasa di Olimpiade Sains Nasional (OSN) khususnya di bidang komputer. Selain itu, sebagian besar dari universitas jurusan komputer di Indonesia memasukkan Pascal pada mata kuliah pemrograman di semester awal.

Banyak pemula yang menggunakan bahasa Pascal karena sintaks penulisannya yang sangat dekat dengan cara menulis algoritma Structure English. Pascal ini juga memiliki konsep yang terstruktur dan juga tersusun atas berbagai blok-blok yang disebut subprogram. Nah blok-blok yang kecil ini nantinya akan terpakai untuk membuat blok yang ukurannya lebih besar.

Pascal juga menerapkan konsep prosedural dan struktur program yang jelas, sehingga cocok untuk kamu yang baru belajar konsep programming. Selain itu, seperti penjelasan di atas, Pascal juga menggunakan sintaks dengan bahasa Inggris seperti: begin, read, write, dan end.

Seorang ilmuwan komputer bernama Niklaus Wirth awalnya membuat bahasa Pascal pada tahun 1970. Nama Pascal sendiri mengambil dari seorang ahli matematika asal Perancis abad pertengahan bernama Blaise Pascal. Kemudian bahasa Pascal mencapai puncak kepopulerannya pada tahun 1970 sampai dengan awal 1990-an terutama ketika bersama compiler Turbo Pascal.

Pada masanya, Pascal sempat menjadi bahasa pemrograman utama pada pengembangan Apple Lisa atau yang nantinya lebih populer dengan sistem operasi Apple Macintosh. Dan selanjutnya Apple bahkan pernah merilis sistem operasi menggunakan Pascal dengan nama Apple Pascal. Aplikasi populer yang pengembangannya menggunakan bahasa Pascal ini yaitu Photoshop versi pertama.

Nah itulah tadi dia pembahasan kita mengenai bahasa pemrograman Pascal. Jangan takut belajar Pascal karena ketinggalan zaman atau takut tidak dilirik oleh perusahaan. Belajar Pascal dapat membantumu untuk memahami konsep pemrograman yang bisa digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya juga. Maka dari itu, selamat dan semangat belajar semuanya! (buddy).

By admin