Perjalanan Belajar Machine Learning (Introduction) — Part #1 | by Farhan |  Medium
Machine Learning

Beberapa waktu akhir ini seringkali media digital yang menyinggung terkait Machine Learning dan kegunaannya sehari hari. Machine Learning digadang-gadang sangat bisa membantu pekerjaan manusia. Bahkan sempat ada rumor bahwa Machine Learning dapat mengambil alih pekerjaan manusia dan menguasai dunia. Sebelum kamu ketakutan akan hal tersebut, alangkah baiknya kamu tahu dulu apa itu Machine Learning dan kegunaannya pada kehidupan sehari-hari.

Sederhananya ML (Machine Learning) adalah sebuah cabang implementasi dari teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang memungkinkan sebuah mesin dapat melatih atau belajar secara otomatis dengan menggunakan big data, sehingga semakin banyak data yang masuk, maka sebuah komputer akan semakin pintar.

Biasanya penggunaan teknologi Machine Learning untuk membantu kerja manusia untuk membuat suatu keputusan maupun prediksi. Nantinya, semakin bagus penerapan algoritma yang ada di dalam Machine Learning, maka akurasi dari prediksinya akan semakin baik.

Machine learning dalam kehidupan sehari hari

Sebenarnya saat ini sudah banyak sekali penerapan teknologi Machine Learning di kehidupan kita. Namun memang banyak di antara kita yang tidak atau belum menyadari bahwa teknologi tersebut menggunakan teknologi Machine Learning. Contoh saja penerapan Google Maps atau Waze yang mampu memprediksi rute terbaik yang memiliki efisiensi waktu paling cepat. Sehingga kamu bisa terbantu untuk sampai ke tujuan dengan waktu yang lebih efisien.

Lalu penerapan Machine Learning juga terdapat pada sistem rekomendasi aplikasi yang sering kita gunakan, contoh Youtube atau Tokopedia. Pada Youtube, di halaman paling awal, kamu akan mendapati kolom rekomendasi, yang berisi video-video yang biasanya kamu suka dan sering tonton. Mungkin beberapa dari kamu sering bertanya, darimana Youtube tahu kalau kita suka video-video yang ada di kolom rekomendasi ini? Yup, itu adalah ulah dari teknologi Machine Learning ini, yang berhasil mengumpulkan data video-video yang sering kamu tonton beberapa waktu akhir ini.

Penerapannya dalam fitur aplikasi belanja

Lalu pada aplikasi belanja online sejenis Tokopedia dan kawan-kawan, juga terdapat penerapan teknologi Machine Learning ini. Kita ambil contoh kasus yang sama dengan Youtube yaitu fitur rekomendasi. Fitur ini terkadang bisa menguras kantong kamu ketika membuka aplikasi ini secara tidak sadar. Karena aplikasi belanja online tersebut yang seakan bisa memprediksi barang yang kita suka, yang sebenarnya tidak butuh tapi karena ada di kolom rekomendasi, jadi tergiur untuk membelinya. Yah, karena memang pada dasarnya fitur ini diciptakan untuk bisa memprediksi apa yang menjadi interest dari konsumen dan sebisa mungkin untuk selalu dimunculkan, agar membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Tentu saja, fitur ini mendapat data dari histori belanja kamu beberapa waktu akhir ini.

Sebenarnya masih banyak implementasi atau penerapan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari kita. Semakin maraknya teknologi ini digunakan pada fitur-fitur aplikasi, banyak perusahaan yang saat ini membuka lapangan pekerjaan untuk para programmer. Jadi nggak ada ruginya kalau kamu saat ini ingin belajar soal teknologi pintar yang mampu belajar sendiri ini.

By admin