Untuk melakukan programming kita membutuhkan editor yang baik. Sudah banyak sekali editor baik yang gratis maupun berbayar. Salah satu editor gratis yang sangat populer di kalangan programmer adalah Visual Studio Code.

Visual Studio Code atau VS Code adalah teks editor open-source berbasis Electron yang dikembangkan oleh Microsoft. Teks editor ini sangat nyaman dipakai karena user experience yang bagus dan tidak memberatkan PC saat dipakai.

Instalasi Visual Studio Code

Kita bisa mengunduh VS Code di website resminya di code.visualstudio.com dengan beberapa pilihan sistem operasi.

Download Visual Studio Code

User Interface

Tampilan VS Code sama seperti teks editor pada umumnya, ada tempat untuk menulis kode, menubar, sidebar, dan beberapa ikon untuk tool tertentu. Beberapa orang mengatakan kalau tampilan VS Code ini mirip dengan Sublime Text.

User Interface Visual Studio Code

Command Palette

Comand Palette adalah tempat di mana kita bisa mencari tool atau perintah yang tersedia pada VS Code dan ekstensi yang terpasang. Kita bisa membuka file, mencari file, membuka Terminal, dan lain sebagainya dengan cepat dan mudah. Kita bisa membuka Command Palette dengan menekan tombol kombinasi CTRL+SHIFT+P.

Sebagai contoh, saya ingin membuka file config VS Code yang berbentuk JSON.

Mencari setting JSON VS Code dengan Command Palette

Integrated Terminal

Salah satu kelebihan VS Code dibanding editor lain adalah kita bisa mengeksekusi perintah terminal/cmd di editor secara langsung. Dengan menekan tombol kombinasi CTRL+~ (di bawah tombol Esc).

Cmd/terminal pada interface VS Code

Emmet atau Autocomplete

Emmet merupakan kumpulan plug-ins pada teks editor yang memungkinkan programmer menulis dan mengedit kode dengan cepat. Saat kita menuliskan sesuatu di VS Code, biasanya saran penulisan/autocomplete akan muncul, bila tidak kita bisa memunculkannya dengan menekan tombol kombinasi CTRL+Space. Berikut adalah contoh penulisan emmet.

Contoh penulisan emmet

Setelah kita tekan Enter.

Emmet setelah dilakukan autocomplete

Grid Layout

VS Code menyediakan grid layout agar programmer bisa mengedit beberapa file sekaligus secara langsung. Lebih jelasnya kita bisa melihatnya pada GIF di bawah ini.

Fitur grid layout pada Visual Studio Code
Fitur grid layout pada Visual Studio Code

Extension

Ekstensi adalah fungsi tambahan yang memperluas kemampuan VS Code. Berikut ini adalah PHP IntelliSense, salah satu ekstensi VS Code untuk bahasa pemrograman PHP yang paling banyak dipakai.

PHP IntelliSense ekstensi Visual Studio Code paling banyak dipakai untuk PHP

Masih banyak lagi fitur Visual Studio Code yang belum kita bahas di sini. Bagi para calon programmer yang ingin lebih mengenal tentang Visual Studio Code, programming, atau seputar teknologi lainnya lebih dalam lagi, yuk daftar ke Fakultas Teknologi Informasi di Universitas Stikubank Semarang. Terutama untuk siswa/i SMA/K yang akan lulus sekolah dan sedang mencari perguruan tinggi. Ayo daftar ke Universitas Stikubank Semarang. Selamat mencoba!

Sumber: Documentation for Visual Studio Code

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.