Pekerjaan Big Data Paling Populer

Semakin kesini, kebutuhan perusahaan akan pekerjaan yang ada kaitannya dengan big data semakin gencar peminat. Hal ini tentunya perusahaan lakukan untuk kepentingan terkait penggunaan big data bagi perusahaan yang semakin tinggi. Dengan keberadaan kumpulan data tersebut, tentu saja akan perusahaan gunakan sebagai bagian penting untuk tujuan pengambilan keputusan. Namun sebelum itu perusahaan harus melakukan analisis terkait data tersebut mulai dari mengumpulkan data, merapikan hingga menganalisis. Karena alasan itulah banyak perusahaan yang sedang gencar mencari pegawai yang memiliki kompeten di bidang big data.

Berikut merupakan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan big data.

  1. Data Analyst

Jika berbicara soal big data, pastinya pekerjaan yang pertama kali terlintas adalah data analyst. Profesi ini selain banyak perusahaan cari, di sisi lain juga banyak orang yang gemar dengan topik ini. Sesuai namanya, data analyst bertugas sebagai orang menganalisis data.

Sebagai seorang data analyst, mereka tentunya adalah orang yang setiap harinya bertemu dengan ribuan data yang masuk. Tugas data analyst adalah memilah dan memilih dari banyaknya data tersebut dan mengelompokkan data yang penting untuk perusahaan

Kemudian dari data yang terkumpul tersebut, data analyst bertugas untuk melaporkan dan menjelaskan data-data tersebut kepada pihak yang membutuhkan. Karena tidak semua orang yang ada di perusahaan dapat membaca data yang masuk secara benar.

  1. Data Scientist

Profesi yang berhubungan dengan big data yang juga tak kalah populer adalah data scientist. Profesi ini menjadi pekerjaan yang populer karena dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak perusahaan yang mencari. Tugas data scientist adalah bertanggung jawab terhadap memproses data dan menyajikannya dalam bentuk data. Kemudian nantinya dari data tersebut akan mereka olah dan membantu mereka untuk membuat kebijakan atau keputusan.

Namun spesifikasi seorang data scientist yang handal adalah orang yang mampu menguasai dengan baik bidang matematika, statistik, dan juga pemrograman komputer.

  1. Database Administrator

Tugas seorang database administrator adalah mengelola basis data milik perusahaan. Biasanya yang mereka lakukan adalah update, modifikasi, menjaga keamanan, backup data, dan memastikan database tetap stabil. Seorang database administrator wajib memahami tentang pemrograman dan dan tentunya pengetahuan mengenai database.

By admin