https://heylink.me/tikus778/ https://link.space/@tikus778/ https://solo.to/slot-tikus778/ https://mez.ink/tikus778_slot/ https://167.71.41.15/ https://68.183.24.32/ Link Situs Slot88 Gacor https://128.199.239.25/ https://143.198.204.68/ https://157.245.49.132/ https://165.22.252.131/ https://167.71.202.215/ https://128.199.107.179/ https://178.128.213.229/ 128.199.238.104 https://128.199.238.104/ https://128.199.238.104:2024/ Slot Gacor Mudah JP Situs Slot Thailand Resmi Situs Slot Thailand Gacor https://www.mawartoto.sbs/
Tips dan Trik Visual Studio Code Bagian 3 - Blog Tekno UNISBANK

Visual Studio Code adalah alat pemrograman fundamental untuk mengedit source code aplikasi komputer. Microsoft mengembangkan tool ini untuk dapat berjalan di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac. Aplikasi editor ini bersifat open-source, sehingga bisa kita gunakan secara gratis. Di sini kita akan membahas tips & trik yang semua developer harus tahu saat menggunakan Visual Studio Code.

Untuk melihat tips dan trik sebelumnya Anda bisa lihat di sini.

Di bawah ini adalah daftar tips dan trik dalam menggunakan Visual Studio Code bagian 3.

Contents

Multi-cursor

Multi-cursor bisa kita munculkan dengan beberapa cara. Di sini kita akan menggunakan cara CTRL+D dan ALT+Klik. Untuk cara yang pertama digunakan jika kita ingin mengubah beberapa kata yang sama tanpa perlu menggunakan fitur Replace atau bahkan mengubah kata tersebut satu per satu. Caranya dengan memilih kata yang ingin kita ubah, lalu tekan tombol kombinasi CTRL+D. Tombol kombinasi tersebut bisa kita tekan beberapa kali jika kita ingin mengubah kata tersebut di banyak tempat. Seperti pada contoh di bawah, saat pertama kali ditekan kata “nav” akan diblok, setelah ditekan lagi cursor akan ditambahkan pada kata “nav” selanjutnya.

visual studio code multi cursor
Multi-cursor dengan CTRL+D

Cara yang kedua yaitu dengan ALT+Klik. Pilih lokasi awal cursor, lalu tahan tombol ALT di keyboard Anda dan tekan di lokasi lain tempat Anda ingin menambahkan cursor lain seperti pada contoh berikut.

visual studio code multi cursor
Multi-cursor dengan ALT+Klik

Screencast

Screencast sangat berguna untuk pengembang yang ingin mempresentasikan hasil kerjanya. Fitur ini akan menampilkan segala tombol yang kita tekan dan memberi lingkaran merah di cursor pada saat menekan tombol di mouse. Screencast bisa kita aktifkan dengan mencari “screencast” pada command palette (CTRL+SHIFT+P) dan memilih Developer: Toggle Screencast Mode.

visual studio code screencast presentasi
Fitur screencast

Split Editor

Split editor memungkinkan kita mengedit beberapa file secara bersamaan. Fitur ini bisa kita aktifkan dengan menekan tombol kombinasi CTRL+\ atau dengan mencari Split Editor di command palette.

visual studio code split editor
Fitur split editor, mengedit beberapa file secara bersamaan

GitLens

Dengan ekstensi GitLens ini kita bisa melakukan fitur-fitur utama GitHub tanpa perlu meninggalkan Visual Studio Code. GitLens ini sudah dilengkapi dengan commit history yang berada pada di baris kode itu sendiri, seperti di bawah ini.

gitlens hover
GitLens Current Line Hovers

Ekstensi ini juga akan membuat garis berwarna di sebelah nomor baris sesuai dengan perubah yang kita lakukan. Seperti pada contoh di bawah kami menambahkan beberapa baris baru, GitLens menandai baris baru tadi dengan warna hijau. GitLens juga menunjukkan perubahan yang kita lakukan dengan garis biru seperti pada contoh di bawah.

gitlens history
Garis hijau menunjukkan baris baru
gitlens history
Garis biru yang ditekan menunjukkan perubahan di tiap baris

Tidak hanya itu, kita juga bisa membuat dan berpindah branch dengan cepat.

gitlens branch
Menambah dan berpindah branch

Dan masih banyak lagi fitur GitLens yang tersedia.

Itulah beberapa tips dan trik menggunakan Visual Studio Code. Kemudahan dan kenyamanan saat mengembangkan suatu sistem sangat penting bagi developer. Semoga tips dan trik di atas dapat memudahkan para pembaca dalam mengembangkan sistemnya.

Untuk melihat tips dan trik selanjutnya Anda bisa lihat di sini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *