https://heylink.me/tikus778/ https://link.space/@tikus778/ https://solo.to/slot-tikus778/ https://mez.ink/tikus778_slot/ https://167.71.41.15/ https://68.183.24.32/ Link Situs Slot88 Gacor https://128.199.239.25/ https://143.198.204.68/ https://157.245.49.132/ https://165.22.252.131/ https://167.71.202.215/ https://128.199.107.179/ https://178.128.213.229/ 128.199.238.104 https://128.199.238.104/ https://128.199.238.104:2024/ Slot Gacor Mudah JP Situs Slot Thailand Resmi Situs Slot Thailand Gacor https://www.mawartoto.sbs/
Tips dan Trik Visual Studio Code Bagian 5 - Blog Tekno UNISBANK

Visual Studio Code adalah alat pemrograman fundamental untuk mengedit source code aplikasi komputer. Microsoft mengembangkan tool ini untuk dapat berjalan di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac. Aplikasi editor ini bersifat open-source, sehingga bisa kita gunakan secara gratis. Kita akan membahas tips & trik yang semua developer harus tahu saat menggunakan Visual Studio Code. Di sini kita akan membahas fitur penting untuk CSS, Emmet, membuat folder beranak, dan Live Share.

Untuk melihat tips dan trik sebelumnya Anda bisa lihat di sini.

Di bawah ini adalah daftar tips dan trik dalam menggunakan Visual Studio Code bagian 5.

Contents

CSS

Visual Studio Code memiliki fitur unik di mana saat kita sedang menulis file CSS maupun SCSS, jika kita mengarahkan cursor kita ke nama class yang ada, kita akan ditunjukkan elemen mana yang akan terkena efek. Seperti pada di bawah ini.

Emmet

Bagi developer web, menulis pembuka dan penutup tak secara manual sangatlah memakan waktu. Emmet memudahkan dan mempercepat proses itu. Untuk menggunakan emmet kita tidak perlu memasang ekstensi lain, karena emmet sudah terpasang dengan Visual Studio Code. Pada penulisan emmet ada beberapa simbol yang bisa digunakan, beberapa di antaranya yaitu tanda lebih besar (>), pagar (#), titik (.), perkalian (*), dan sibling (+). Berikut adalah contoh penggunaan emmet.

visual studio code vscode emmet
Contoh penggunaan emmet

Membuat folder beranak

Visual Studio Code sangat mementingkan kenyamanan penggunanya. Salah satu fitur uniknya yaitu membuat folder beranak. Untuk membuat folder beranak, kita hanya perlu menambahkan tanda garis miring sebagai pemisah antara folder induk dan anak. Contohnya seperti pada di bawah ini.

membuat folder beranak vscode
Membuat folder beranak

Live Share

Live Share memungkinkan kita untuk berkolaborasi dengan teman kerja, teman kuliah, atau dosen di file yang sama. Saat berbagi sesi kolaboratif, teman Anda bisa mengedit file yang sedang Anda buka tanpa perlu mengkloning repository atau memasang dependencies apa pun untuk dapat mengedit. Masing-masing developer yang bergabung dapat membuka file, menavigasi, mengedit file, atau melihat Anda mengedit file. Perubahan yang Anda lakukan akan langsung terlihat oleh teman-teman Anda. Tidak hanya mengedit file, Anda juga bisa melakukan chat, voice call, berbagi server, dan bahkan berbagi Terminal.

Ekstensi Live Share bisa kita pasang dari Marketplace lewat menu Extension, lalu tekan Install pada Live Share Extension Pack. Ekstensi ini membutuhkan akun Microsoft dan/atau GitHub untuk dapat berjalan. Live Share bisa kita aktifkan dengan menekan tombol Start collaboration pada menu sidebar Live Share. Setelah Live Share aktif, host akan mendapatkan link undangan yang perlu dikirim ke temannya. Teman host bisa bergabung dengan menekan tombol Join collaboration lalu memasukkan link tadi ke kolom yang sudah disediakan.

Itulah pembahasan kita mengenai fitur penting untuk CSS, Emmet, membuat folder beranak, dan Live Share. Kemudahan dan kenyamanan saat mengembangkan suatu sistem sangat penting bagi developer. Semoga tips dan trik di atas dapat memudahkan para pembaca dalam mengembangkan sistemnya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *