Cloud Storage dan Fungsinya

Apa itu cloud storage dan fungsinya? Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak pula orang yang menggunakannya. Akibatnya perlu ada penyesuaian tertentu untuk mengatasi berbagai permasalahan, khususnya pada kemampuan untuk menyimpan data di internet. Menyimpan dan mengelola data di internet saat ini telah menjadi sarana tempat banyak orang menyimpan data secara digital. Inilah yang biasa disebut dengan cloud storage.

Cloud storage merupakan salah satu teknologi yang telah memberikan dampak fungsional terhadap kapasitas penyimpanan di internet yang cukup besar. Cloud storage adalah model cloud computing, di mana dapat menyimpan data di internet melalui penyedia cloud yang akan mengelola layanan tersebut. Penyimpanan awan ini memiliki berbagai macam kapasitas dan biaya operasional tergantung dengan penyedia layanannya. Ini punya keuntungan yaitu kita bisa mengakses data tersebut secara fleksibel dalam skala global, dan kebebasan mengakses kapanpun, di manapun.

Bagaimana cara kerjanya?

Data yang tersimpan dalam cloud storage akan berlokasi di pusat data yang terletak secara global dan memanfaatkan pihak ketiga sebagai pengelola. Setelah ada di server, kemudian akan ada di penyedia hosting, kemudian kita akan bisa mengaksesnya melalui interface web. Pihak ketiga sebagai pengelola kemudian akan mengatur kapasitas cloud storage yang menjadi batasan kita dalam menyimpan data atau informasi di sana. Kemudian vendor tersebut akan menetapkan biaya operasional tergantung paket yang telah ada. Dengan adanya penyedia hosting tersebut, kita sebagai yang punya data akan bisa mengakses data tersebut hingga di seluruh belahan dunia.

Cloud storage merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan API sebagai sarana mengaksesnya. Dengan ini banyak vendor yang mencoba menawarkan paket layanan untuk membantu dan merancang, mengumpulkan, mengelola, mengamankan, dan menganalisis data.

Berikut fungsi dari cloud storage?

  1. Irit biaya

Menyimpan data di internet merupakan sebuah langkah yang tepat untuk menghemat pengeluaran karena kapasitas yang tersedia lebih besar namun dengan biaya sewa yang lebih kecil daripada menggunakan drive eksternal biasa. Menyimpan di cloud juga mencegah terjadinya hal yang tidak enak seperti kerusakan, hilang, atau yang lainnya.

  1. Aksesibilitas

Menyimpan data di cloud juga memudahkan pengguna dalam mengakses, tak perlu device khusus yang penting terhubung dengan internet serta bisa mengakses dimanapun kapanpun.

  1. Keamanan

Menyimpan di cloud juga menjamin keamanan karena penyedia layanan pasti sudah menambahkan fitur keamanan pada paket penjualan mereka. Menyimpan di cloud juga mencegah orang asing untuk mengakses file kita sembarangan.

Itulah artikel mengenai cloud storage dan fungsinya!

By admin