Cara Mudah Cari Keyword SEO

Keyword research masuk dalam kegiatan yang berkaitan dengan optimasi website atau yang sering orang sebut sebagai SEO (Search Engine Optimization). Maka dari itu keyword research sebagai upaya kita dalam meningkatkan traffic website menjadi sangat penting.

Google sebagai perusahaan yang mengembangkan mesin pencari terbesar di dunia. Tentu saja selalu memperbarui sistem atau algoritma mereka agar sesuai dengan berkembangnya audience mereka. Hal ini tentu saja membuat sedikit banyak para pemilik website menjadi khawatir akan dampak buruk seperti menurunnya jumlah traffic pada situs mereka. Namun ada satu hal yang tampaknya cukup konsisten Google pertahankan algoritmanya. Yang mana juga cukup bisa untuk memenangkan persaingan yaitu pada sektor keyword research.

Mengenal Keyword Research

Keyword research adalah sebuah proses untuk menemukan atau menerka “kata kunci” yang kira-kira akan banyak orang gunakan ketika mencari atau menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Keyword research biasanya banyak orang gunakan untuk mengetahui seberapa sering user menggunakan kata tersebut, seberapa tinggi kompetisinya, konten seperti apa yang sering user cari, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara melakukan keyword research? Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara kita untuk mengetahui kata apa yang sering user gunakan?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan strategi dalam marketing agar lebih tepat dan akurat.

  1. Kenali topik bisnis kamu

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengenali bidang topik bisnis kamu. Dengan begitu kamu akan ketemu apa yang menjadi kata kunci yang langsung bisa menjelaskan bisnis kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah menulis beberapa topik bisnis kamu, jika topiknya banyak, tulis saja. Kumpulan topik itulah yang kemudian bisa kamu gunakan untuk mencari keyword.

Namun perlu kamu ketahui bahwa topik tersebut belum tentu bisa juga kamu gunakan sebagai keyword yang akan kamu pasang di website. Namun hal yang lebih penting, kamu sudah mencari kata utama yang tentu saja punya peluang dan berpontensi mengarah ke bisnis kamu.

  1. Menggunakan Tools SEO

Jika kamu ingin mudah dalam mencari kata kunci yang mengarah ke bisnis kamu, kamu hanya perlu menggunakan layanan tools SEO. Selain kamu bisa mengetahui banyak informasi dan data, kamu juga pastinya bisa lebih tahu apakah bisnis kamu sedang ramai user perbincangkan atau tidak.

Google Keyword Planner merupakan salah satu layanan SEO gratis besutan Google yang bisa kamu gunakan. Kamu hanya akan memasukkan topik yang sudah kamu miliki, dan akan langsung muncul database terkini mengenai apa saja keyword yang relevan dengan topik tersebut.

  1. Cari keyword milik kompetitor

Melihat keyword milik kompetitor merupakan salah satu cara yang terbukti efektif dan mudah. Kamu hanya tinggal mencoba satu per satu keyword yang sudah kamu miliki dan melihat siapa kompetitor kamu yang muncul. Dari situ kamu bisa melihat seberapa ramai dan apakah punya traffic yang besar.

By admin