Google Ads merupakan sebuah program periklanan online yang diluncurkan oleh Google. Melalui program tersebut, para pelaku bisnis bisa membuat iklan online untuk menjangkau target pasar tepat ketika mereka tertarik pada produk serta layanan yang ditawarkan. Bagaimana cara optimasi Google Ads ini ? Yuk simak ulasannya berikut.

Tutorial Menggunakan Google Ads

Karena Google menguasai pangsa pasar search engine, sudah tentu menggunakan Google Ads merupakan salah satu cara paling efektif untuk anda dalam menjangkau pasar. Dimana cara menggunakan layanan Google tersebut sebenarnya tidak sulit. Pertama tama anda bisa buka Google Ads dan buat akun Google di sana. Lalu ikuti langkah berikut ini.

1. Pilih Goal

Apabila anda sudah berhasil masuk ke layanan Google Ads atau Google AdWords. Nantinya anda akan diminta untuk memilih goal dari iklan yang akan dibuat. Dimana tersedia 3 pilihan goal, dan bisa anda pilih salah satunya yang dirasa paling cocok dengan bisnis. Goal pertama yaitu menghubungi anda melalui telepon.

Goal seperti itu sangat pas dipilih apabila anda menjalankan bisnis yang kebanyakan melakukan transaksi melalui telepon, seperti bisnis konsultasi yang menuntut klien untuk berbicara via telepon dengan penyedia jasa. Sedangkan goal yang kedua yaitu mengunjungi toko fisik, dan goal yang ketiga adalah mengunjungi website.

2. Pilih Jangkauan Lokasi

Cara menggunakan Google Ads pada langkah selanjutnya yaitu memilih jangkauan lokasi. Dalam hal ini, anda bebas memilih jangkauannya. Jadi bisa di Indonesia maupun di luar negeri. Pun ketika anda ingin mempersempit jangkauan iklan, hal tersebut memungkinkan. Misalnya anda ingin menjangkau kota atau provinsi tertentu yang ada di dalam negeri.

3. Pilih Kategori dan Buat Copy Iklan

Berikutnya, anda bisa memilih kategori. Dengan memilih kategori bisnis yang tengah anda kelola, maka Google akan lebih mudah dalam menentukan target audiens untuk iklan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan membuat copy iklan untuk paid search. Dimana anda bisa menulis sampai 30 karakter untuk headline dan 80 karakter untuk isi iklan, karena Google membatasi jumlah karakter tersebut.

4. Masukkan Foto dan Tentukan Budget

Anda bisa memasukkan foto dan menentukan budget untuk cara menggunakan Google Ads berikutnya. Untuk foto sendiri sebenarnya opsional, meski begitu adanya gambar visual tentu akan sangat bagus untuk membuat iklan anda lebih menarik. Tentunya anda perlu memilih foto terbaik yang dapat menggambarkan tentang bisnis atau menunjukkan promo yang tengah berlangsung.

Baru kemudian menentukan budget, yang mana anda bebas menetapkan estimasi biayanya. Jika ini merupakan pengalaman pertama anda menggunakan Google Ads, tentu lebih baik mencoba estimasi biaya terkecil terlebih dahulu. Meski begitu, anda tidak perlu khawatir. Sebab Google sendiri menerapkan PPC (Pay Per Click) yang membuat anda tidak perlu membayar jika iklan tidak diklik.

5. Pilih Metode Pembayaran

Terakhir, anda bisa memilih metode pembayaran agar Google dapat menayangkan iklan milik anda. Dalam hal ini, metode pembayaran yang disediakan terbilang cukup beragam. Misalnya dengan menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Jadi tidak perlu khawatir apabila tidak mempunyai kartu kredit, karena cara menggunakan Google Ads bisa dilakukan melalui metode pembayaran lainnya.

Penggunaan Google Ads yang menawarkan berbagai kemudahan membuat banyak pelaku bisnis online yang memanfaatkan layanan tersebut. Terlebih efektivitas iklannya termasuk sangat baik. Mengingat bahwa Google sendiri merupakan perusahaan yang mendominasi dalam pasar search engine. Tentunya ada begitu banyak orang yang bisa menyaksikan iklan anda melalui layanan Google Ads tersebut.

By admin