Karena sudah bertebaran di mana mana di internet, mungkin anda sudah begitu akrab dengan istilah domain. Secara sederhana, domain tersebut merupakan alamat sebuah website. Seperti .id, .com, .org, dan lain sebagainya itulah yang disebut dengan domain. Lantas, apa sebenarnya perbedaan macam macam domain website tersebut dan bagaimana cara mendapatkannya ? Yuk simak ulasan berikut.

Macam Macam Domain

1. Top Level Domain

Top level domain atau TLD adalah ekstensi domain yang paling populer di kalangan masyarakat saat ini. Anda mungkin juga sudah begitu akrab dengan tops level domain tersebut, seperti .com, .net, .gov, dan .org. Itu merupakan sejumlah TLD yang paling populer di antara ratusan top level domain yang ada sekarang.

Salah satu alasan kenapa pemilik website menggunakan TLD adalah karena top level domain dinilai jauh lebih mudah dan gampang diingat oleh banyak orang. Apalagi TLD memungkinkan website bisa mendapat peringkat yang lebih unggul di search engine, sebab para pengguna internet memang lebih mudah mengingatnya. Biasanya TLD ini digunakan untuk website yang sifatnya lebih personal.

2. Country Code Top Level Domain

Macam macam domain website berikutnya yaitu country code top level domain atau ccTLD. Jenis domain ini membawa identitas suatu negara, sehingga dapat mengindikasikan bahwa isi dari portal website tersebut memang diperuntukkan bagi masyarakat yang ada di negara tertentu sesuai domain yang digunakan.

Untuk Indonesia, biasanya domain akan diakhiri dengan .id. Beberapa negara lain pun tentu mempunyai ccTLD seperti .sg untuk Singapura dan .uk untuk Britania Raya. Di tanah air sendiri, variasi domain yang digunakan cukup banyak untuk melengkapi URL. Contohnya .web.id yang digunakan oleh personal maupun organisasi, dan .ac.id yang digunakan di lingkungan akademik.

3. Sponsored Top Level Domain

Untuk sponsored top level domain atau sTLD merupakan kategori macam macam domain website yang mewakili komunitas tertentu. Selain itu, situs web yang menggunakan sTLD juga dilayani oleh ekstensi domain. Contoh sTLD yaitu .gov untuk tingkat pemerintah, lalu ada .edu untuk organisasi tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Domain

Domain website tentu tidak bisa aktif begitu saja, sehingga anda perlu mendaftarkannya terlebih dahulu. Dimana cara daftar domain sebenarnya tidak sulit dan hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana saja. Namun perlu diingat bahwa anda perlu membeli domain untuk memiliki alamat website dengan hosting mumpuni dan berkualitas.

Meski ada juga domain yang tersedia gratis, namun tentu saja fitur yang diberikan akan sangat berbeda bila dibandingkan domain berbayar. Secara umum, langkah untuk membeli domain adalah anda perlu melakukan riset singkat dan pilih layanan penyedia domain. Kemudian gunakan tool cek domain yang telah disediakan oleh pihak penyedia.

Selanjutnya anda bisa mengecek ketersediaan domain yang diinginkan. Apabila domain yang diinginkan memang tersedia, langsung saja tambahkan ke cart lalu selesaikan pembayarannya. Berikutnya daftar domain untuk mendapatkan hak kepemilikan domain tersebut. Mudah bukan ?

Cara Memilih Nama Domain

Setelah mengetahui macam macam domain website dan cara mendapatkannya, sebagai tambahan anda perlu mengetahui cara memilih nama domain yang tepat. Karena nama domain yang mudah diingat tentu lebih baik. Khususnya bagi anda yang menggunakan situs web untuk keperluan bisnis.

Untuk memilih domain, sebaiknya gunakan domain .com supaya lebih mudah diingat. Kemudian pastikan bahwa nama domain tersebut pendek dan unik. Karena manusia lebih suka hal yang praktis, maka hindari penggunaan tanda hubung atau angka agar lebih mudah diketik di berbagai perangkat. Lalu terakhir usahakan namanya mudah diucapkan.

Demikian pembahasan singkat mengenai domain website yang perlu anda ketahui. Pasalnya saat ini website adalah salah satu media marketing dan penyampaian informasi yang begitu akrab dengan masyarakat. Sehingga anda perlu memahami berbagai hal di atas sebelum membuat website, khususnya jika anda membuat situs web untuk keperluan bisnis.

By admin