NVIDIA
nvidia

NVIDIA sudah meluncurkan grafic card khusus untuk gamers! Siapa sih yang saat ini merasakan kalau semenjak pandemi ini harga-harga perangkat komputer mulai naik dan mengalami kelangkaan? Yap mimin juga sama nih, apalagi kan mimin juga pengen merasakan jadi gamers nih hehe. Mau beli komputer gaming tapi takut tidak sesuai dengan spek yang mimin impikan. Mau rakit sendiri tapi komponen-komponen PC  saat ini sudah mulai langka dan harga nya semakin tidak masuk akal. Nah jadi di sini mimin akan sedikit membahas salah satu penyebab kelangkaan komponen-komponen komputer yang menjadi langka. Khususnya pada komponen Grafic Card atau GPU. Daripada makin penasaran yuk simak penjelasan mimin berikut ini.

GPU adalah salah satu komponen penting dalam komputer terutama untuk para gamers yang ingin merasakan keseruan bermain game dengan lancar. Ketika kita mendengar nama GPU akhir-akhir ini apalagi pada saat pandemi khusunya buat para gamers pasti sudah tau kalau grafic Card atau GPU itu sendiri sudah semakin langka, kalau ada pun itu pasti harganya sudah tinggi banget. 

Salah satu vendor ternama yang sering kita dengar khususnya para gamers-gamers, yaitu vendor yang biasanya membuat grafic card atau GPU khusus untuk para gamers siapa lagi kalau bukan NVIDIA. Kabarnya NVIDIA sudah meluncurkan grafic card khusus untuk gamers. Dengan tagline “GeForce is made for gaming, CMP Is Made to Mine” Oke sebelum kita perjelas lebih dalam tentang GPU dari NVIDIA tersebut, mimin akan sedikit menjelaskan tentang kenapa NVIDIA membuat Grafic Card atau GPU dengan tagline seperti itu. Jadi pada masa pandemi saat ini komponen-komponen komputer saat ini sudah mulai langka salah satunya yaitu Grafic Crad atau GPU. Penyebab dari kelangkaan tersebut adalah perangkat-perangkat komputer tersebut sedang dicari dan diborong oleh para miner untuk kegiatan mining atau bertambang entah itu bitcoin, ethereum, crypto dan lain-lain. Sehingga komponen-komponen tersebut menjadi langka dan harganya juga semakin naik.

NVIDIA untuk gaming tapi malah untuk mining?

eth

Melihat maraknya kelangkaan komponen tersebut khusunya GPU, NVIDIA meluncurkan produk terbaru mereka yang bernama NVIDIA GeForce RTX™ 3080 SUPRIM X 12G LHR. Tidak hanya seri GPU tersebut saja yang terdapat fitur LHR. Mungkin kedepannya seri  NVIDIA GeForce RTX™ 30 akan terdapat fitur LHR. Menurut informasi yang mimin tangkap GPU ini adalah Grafic Card yang khusus gaming dan tidak untuk gaming. Karena di dalam GPU tersebut terdapat fitur yang nama nya LHR “Lite Hash Rate”. Yaitu fitur di mana ketika kita menggunakan untuk kegiatan mining maka kinerja dari GPU tersebut akan di limit hingga 50%. Tetapi jika GPU tersebut kita gunakan untuk gaming maka performanya akan optimal dan tidak akan di limit.

Jadi bisa dibilang sekarang NVIDIA sudah mulai serius untuk mengatasi permasalahan langka nya perangkat GPU. Yang disebabkan di borong oleh para miner untuk kegiatan mining. Semoga saja dengan adanya kebijakan dari NVIDIA yang menanamkan fitur LHR “Lite Hash Rate” ini di dalam produk GPU mereka membuat para mining berfikir ulang ketika ingin memborong perangkat-perangkat untuk kegiatan mining khususnya GPU dan dengan begitu tidak adanya kelangkaan tersebut maka harga GPU di pasaran juga mulai stabil. Sekian penjelasan dari mimin, semoga bermanfaat bagi kita semua see you in the next artikel.

By admin