Istilah Kol dan Influencer memang sudah tak asing lagi di era digital seperti ini. Meskipun keduanya terlihat hampir sama secara sepintas, tetapi istilah tersebut memiliki konsep dan cara kerja yang cukup berbeda secara signifikan. Bagi anda yang ingin tahu perbedaan kol dan influencer lebih detail, yuk cek informasi selengkapnya berikut ini!

Beberapa Perbedaan Antara Dua Istilah Tersebut

1. Media yang Digunakan

Secara sepintas, KOL dan Influencer terlihat mirip, tetapi keduanya memiliki konsep yang berbeda. Salah satu aspek yang dapat membedakan istilah uini bisa dilihat dari media yang digunakan. Pada KOL (key opinion leader) cenderung seseorang yang ahli terhadap bidang dan industri tertentu agar pendapatnya didengar.

Di dunia nyata, KOL ini sosok yang dipercaya dan dihormati bagi para pengikutnya. Tak sedikit juga KOL ini menjalin hubungan yang baik melalui media digital. Sementara influencer akan berkutik lebih banyak dalam hal menyelami dunia online di berbagai sosial media. Mereka menggunakan platform sosial media untuk mempengaruhi dan berkomunikasi

2. Area yang Dipengaruhi

Sosok KOL tak selalu aktif berperan di berbagai kesempatan seperti influencer sosial media. Hal inilah yang menjadi perbedaan KOL dan influencer yang bisa anda lihat secara mendetail. Sebab, kredibilitas serta ketenaran mereka hanya dalam ruang lingkup terbatas. Seperti contoh, KOL berpengaruh pada suatu kota, daerah, maupun negara.

Tapi, tak menutup kemungkinan jika KOL mulai mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan media lainnya, sehingga KOL juga berprofesi sebagai influencer. Sementara influencer yang berkesempatan mengelola konten di media sosial, memungkinkan memiliki pengikut dan penggemar dari berbagai wilayah bahkan dari berbagai negara.

3. Kredibilitas

Jika dilihat dari sisi kredibilitas, KOL ini memiliki kemampuan, profesi, serta pengetahuan dari kehidupan secara nyata di suatu industri atau bidang. Sehingga, bisa dikatakan jika KOL mendapatkan kualifikasi profesionalnya dari waktu yang mereka luangkan untuk terlibat dari suatu bidang tersebut dalam periode tertentu.

Berbeda dengan KOL, kredibilitas dan kepercayaan yang didapatkan dari influencer berasal dari followers atau para penggemar setianya. Perbedaan kol dan influencer bisa diketahui  dari identifikasi personal branding yang ditampilkan oleh sosok influencer itu sendiri pada akun sosial media yang mereka miliki termasuk dari preferensi pribadi.

4. Cara Menghabiskan Waktu Sehari hari

Bagi orang yang menekuni KOL, maka memiliki pekerjaan penuh waktu sebagai profesi yang ada di dunia nyata, Artinya, seorang KOL bisa menjadi seorang dokter ahli bedah, pengacara, psikolog, bahkan chef terkenal. Karena keahlian atau pekerjaan yang dimilikinya, tentu saja dari segi skill dan pengetahuan KOL sudah tak bisa diragukan lagi oleh audiens.

Sebaliknya, kebanyakan influencer menghabiskan banyak waktu mereka dengan menyelami dunia online. Aktivitas yang ditekuni para influencer terkait dengan digital marketing dan lain sebagainya yang berbau dengan digital. Sehingga, influencer berfokus untuk menyebarluaskan produk atau suatu konten pada khalayak umum menggunakan media sosial.

5. Kemampuan Berkomunikasi

Jika dilihat dari segi komunikasi, perbedaan KOL dan influencer bisa kentara cukup jelas. Influencer memiliki keahlian  komunikasi yang sesuai dengan knowledge dan wawasan pada suatu topik atau konten. Sedangkan kol mengemas keterampilan komunikasi tak semenarik influencer. Meskipun begitu, kredibilitas dari KOL sangat tinggi, sehingga banyak audiens yang mempercayainya.

Itulah beberapa informasi yang harus anda tahu mengenai KOL dan Influencer. Keduanya memang tampak sama karena memberikan pengaruh pada banyak audiens. Namun jika dilihat dari dekat, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Ini bisa dilihat dari komunikasi, cara menghabiskan waktu, kredibilitas, dan area yang dijangkau.

By admin