Riuh NFT Ozzy Osbourne Bagikan Link Palsu, Potensi Kuras Uang Digital
NFT

Akhir – akhir ini sangat ramai pembahasan mengenai NFT, tapi apa sebenarnya NFT itu? NFT atau Non-Fungiable Token merupakan aset digital yang dapat mewakili sebuah barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa terganti. Yang mana transaksi NFT akan tercatat pada sebuah data di blockchain. Nantinya, data tersebut akan berisikan informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset.

Intinya, NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli pada mata uang kripto. Umumnya, barang yang diperjual belikan berupa beragam media seperti karya seni, musik, foto, video dan lain sebagainya. NFT biasanya muncul dengan format digital seperti Joint Photographic Experts Group (JPEG), Portable Network Graphics (PNG), Graphics Interchange Format (GIF) dan lain sebagainya.

Non-Fungiable Token (NFT) itu unik

NFT tidak memiliki kesamaan nilai. Setiap aset NFT memiliki tanda tangan digital yang tidak dapat ditukar atau setara dengan NFT lainnya. Dengan kata lain, satu klip NFT tidak memiliki nilai yang sama dengan NFT lainnya.

Jika kita lihat dari esensinya, NFT adalah aset yang berkembang dari keluarga cryptocurrency. Namun ternyata tujuan, bentuk dan cara penggunaannya sangat berbeda dari aset kripto lainnya yang sama-sama menggunakan teknologi blockchain. Aset kripto seperti Bitcoin atau uang fisik sekalipun memiliki nilai tukar yang sama dan bisa di perjualbelikan.

NFT memiliki sifat kepemilikan yang mutlak. Di mana siapapun yang memiliki aset tersebut, memiliki hak penuh. NFT tidak bisa di bagi menjadi denominasi yang lebih kecil lagi seperti aset kripto lainnya. NFT memiliki data unik yang bekerja layaknya sidik jari yang berguna untuk mempermudah proses verifikasi kepemilikannya.

Beberapa situs yang menyediakan jual beli NFT yaitu Nifty Gateway, Mintable, Rarible, dan OpenSea.

Nah setelah Anda memiliki NFT, gunakanlah untuk jual beli dengan baik. Anda dapat mulai menjual NFT dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai NFT. Ingatlah bahwa harga jual akhir karya Anda akan bergantung pada faktor subjektif seperti kreativitas, kualitas, dan reputasi Anda di antara calon pelanggan.

By admin