kualitas kamera
kamera

Halo temen-temen kembali lagi bersama dengan mimin disini, perkembangan tekonologi smartphone sekarang sudah berkembang pesat. Dengan perkembangan tersebut banyak vendor-vendor yang berlomba-lomba membuat sebuah smartphone terbaik. Beragam perkembangan mulai bermunculan terutama pada sebuah kamera yang ada di smartphone. Zaman dulu sebuah handphone rata-rata masih menggunakan 1 kamera yaitu kamera vga, bahkan ada juga yang tidak ada kamera nya. Berbeda dengan sekarang, pada satu smartphone bisa ada 3, 4 bahkan ada 5 kamera yang terpasang dalam sebuah smartphone, bahkan dengan relososi dan sensor yang berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda juga. Tapi ketika kita membeli smartphone dan mengambil sebuah foto atau gambar melalui kamera, kenapa hasil kamera dari setiap device itu berbeda-beda? Yap di sini mimin akan sedikit menjelaskan apa yang mempengaruhi hasil foto di kamera smartphone.

Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas hasil foto dari kamera smartphone. Namun di sini mimin hanya akan menjelaskan sedikit tentang hal tersebut berdasarkan apa yang mimin ketahui.

Berikut hal yang mempengaruhi kualitas kamera

  • Ukuran Megapixel

Megapixel pada kamera adalah besaran ukuran gambar yang bisa di tangkap oleh sensor kamera. Semakin besar angka megapixel pada sebuah kamera, maka akan semakin baik pula hasil yang di dapatkan pada saat mengambil gambar.

  • Jenis sensor

Sensor pada kamera berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi sinyal elektrik, sehingga hardware bisa memproses dan mencetak foto digital. Semakin besar ukuran sensor maka seharusnya bisa menangkap cahaya lebih besar dan juga hasilnya akan semakin bagus.       

  • Jenis lensa

Di dalam suatu kamera pasti ada yang Namanya lensa. Jenis lensa pada setiap smartphone itu berbeda-beda. Contoh berbagai macam lensa pada smartphone seperti lensa ultrawide, lensa macro, lensa utama, dan lain sebagainya dengan berbagai macam  fungsi tersendiri dan ukuran megapixel yang beragam.

  • Processor

Processor atau chipset adalah otak dari semua kinerja yang ada di smartphone, salah satunya adalah mengatur kinerja dari sebuah kamera. Karena processing gambar yang kita ambil semua akan di proses di chipset atau processor. Jika kita mempunyai kamera dengan resolusi yang besar kemudian lensa dan sensor yang mumpuni juga tapi memiliki processor yang kurang bisa mengekspos kinerja prosessing image maka hasilnya juga akan kurang.

Jadi kesimpulan dari semua yang kita pikirkan tentang kog bisa ya hasil foto yang kita ambil dengan perangkat kita itu berbeda dengan hasil di perangkat lain, bahwa spesifikasi kamera itu tidak bisa dijadikan patokan apakah bagus tidaknya hasil foto dari suatu smartphone, apalagi kalau cuma berpatokan pada ukuran megapixelnya saja. Sekian penjelasan dari mimin, semoga bermanfaat bagi kita semua see you in the next articel.

Baca juga artikel mengenai Cara kerja Fiverr, Penghasil Uang !

By admin