Kelebihan Windows 11 dibanding Windows 10 - Blog Tekno UNISBANK
Kelebihan Windows 11
sumber: unsplash

Saat ini keberadaan gadget sebagai sarana atau alat untuk membantu tugas manusia semakin canggih dan bagus. Tentu saja ini berkat kemajuan teknologi yang pesat dan juga karena persaingan bisnis yang semakin ketat. Ini juga tak luput dari perkembangan teknologi di bidang sistem operasi.

Gadget yang bagus pasti di dalamnya terdapat pula sistem operasi yang baik. Keberadaan sistem operasi dalam sebuah gadget khususnya komputer sangatlah penting. Mengingat tugas sistem operasi yang salah satunya adalah membuat pengguna nyaman saat menggunakan komputer mereka ketika sedang melakukan tugas.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai sistem operasi yang sudah sangat populer dan banyak orang gunakan. Pada artikel ini kita akan bahas tentang sistem operasi Windows.

Sistem operasi Windows beberapa waktu lalu telah resmi merilis Windows 11 versi penuh, setelah sebelumnya kita hanya bisa merasakan pengalamannya menggunakan versi beta atau tester saja. Namun kali ini siapapun dari kita sudah sangat bisa merasakan pengalaman terbaik yang microsoft berikan lewat sistem operasi terbaru mereka ini.

Meskipun, sejak perilisannya sudah banyak orang yang mencoba dan terdapat beberapa feedback keluhan. Ini karena spesifikasi minimum yang harus terpenuhi ketika menginstall windows 11 terlalu loncat jauh dari pendahulunya, Windows 10. Tentunya hal ini sangat masuk akal mengingat fitur keren yang yang menjadi kelebihan windows 11 ini. Nah, mungkin dari kamu masih ada yang belum tau mengenai kelebihan apa saja yang windows 11 ini miliki.

1. Mempunyai tampilan yang keren

sumber: windows

Sudah sering kita dengar bahwa saingan terbesar windows dalam industri sistem operasi ini  tidak lain adalah Mac OS. Banyak yang sering membandingkan tampilan antarmuka dari kedua sistem operasi ini. Nah kali ini windows sedikit menggunakan gaya tampilan dari rivalnya tersebut.

Yang pertama kali akan kita temukan adalah posisi taskbar yang bisa kita posisikan di tengah. Ini menjadi salah satu aspek menarik ketika kita baru saja menggunakan windows 11.

2. Peningkatan sistem keamanan

Spesifikasi minimum yang windows berikan ketika ingin menginstall windows 11 adalah adanya penggunaan sistem TPM 2.0 yang dari pihak mereka menyebut bahwa hal ini akan berpengaruh pada peningkatan keamanan bagi pengguna.

Trusted Platform Module, itulah kepanjangan dari TPM, merupakan sebuah module atau chip khusus yang memiliki fungsi sebagai pengamanan ganda yang tersedia untuk sisi hardware.

Kemampuan yang TPM miliki antara lain adalah mencegah akses dan kerusakan kunci enkripsi, kredensial pengguna, maupun segala hal-hal personal lainnya yang sensitif oleh serangan virus malware atau peretasan.

3. Memiliki fitur snap layout

sumber: windows

Sudah pasti sebagai pengguna windows lama, sudah tidak asing dengan kustomisasi layout layar. Fitur ini sangat sering pengguna gunakan untuk mengatur kemudahan kerja saat melakukan multitasking.

Biasanya ketika kita hendak mengatur posisi layout layar, kita akan drag and drop aplikasi yang hendak kita bagi. Nah tentunya hal itu akan sangat merepotkan dan tidak hemat waktu.

Kabar gembira untuk pengguna windows 11 karena kita tak perlu lagi melakukan hal tersebut. Saat ini kita dapat menggunakan fitur bernama snap layout yang bisa secara otomatis memilih pembagian layar yang hendak kita gunakan. Dengan begini kita bisa lebih menghemat waktu karena tak perlu lagi menggeser-geser aplikasi yang ingin kita buka.

Baca juga artikel mengenai Aplikasi Android di PC Tanpa Emulator !

By admin