investasi saham
saham

Sekarang ini sedang booming yang namanya investasi saham. Apalagi di saat pandemi seperti ini banyak perusahaan yang mengalami kekurangan dana, dengan adanya permasalahan tersebut banyak perusahaan yang mulai menjual saham mereka di platform online.

Apalagi sekarang teknologi sekarang mulai semakin maju, bertolak belakang dengan zaman dulu. Ketika orang yang mau membeli saham dari perusahaan harus datang langsung ke kantor dan melakukan proses pembelian. Berbeda dengan sekarang, transaksi pembelian dan penjualan saham begitu mudah. Seperti kita belanja online karena prosesnya yang sudah digital mulai dari pembukaan rekening, proses pembelian saham bahkan proses penjualan saham.

Saham adalah surat bukti kepemilikan pada suatu perusahaan. Dengan memiliki saham, kita bisa mengklaim kepemilikan pada suatu perusahaan. Biasanya kalau kita membeli sebuah saham itu minimal 1 lot, 1 lot itu sama dengan 100 lembar. Jadi misalkan kita membeli sebuah saham di perusahaan maka kita bisa juga menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan yang menjual saham tersebut dengan membutuhkan dana segar untuk melakukan ekspansi, modal kerja, investasi dan lain-lain. Salah satu cara untuk memiliki saham perusahaan yaitu seseorang harus membelinya di pasar modal.

Pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan yang membutuhkan dana untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain. Dengan membeli atau menginvestasikan dana tersebut ke sebuah saham di perusahaan tersebut. Selain saham, obligasi, dan reksa dana, pasar modal juga memperdagangkan bentuk lain seperti waran, right, dan produk derivatif lainnya.

Hal – hal penting yang harus di pelajari sebelum melakukan investasi saham :

  1. Pelajari dulu apa itu saham, mulai dari resiko dan keuntungan.
  2. Tujuan investasi, apakah untuk jangka Panjang atau jangka pendek.
  3. Pelajari Teknik analisis saham mulai analisis fundamental dan juga teknikal.

Ketika orang yang mau berinvestasi berarti orang itu sudah siap menerima resiko untuk kedepannya. Untuk masalah dana sebaiknya jangan gunakan dana atau uang yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Orang yang mau berinvestasi biasanya adalah orang yang dari kebutuhan sehari-hari, uang makan dan uang hidup itu sudah terpenuhi. Jika semua sudah terpenuhi dan ada uang yang mungkin tidak di perlukan maka bisa digunakan untuk investasi saham tersebut dalam lingkup yang besar. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi pemula untuk mencoba. Sekian sedikit penjelasan dari mimin tentang saham, semoga bermanfaat bagi kita semua and see you in the next artikel.

Baca juga artikel mengenai Robot Tuyul Online Penghasil Uang !

By admin