Landing page menjadi salah satu elemen digital marketing yang penting dan wajib dimiliki oleh pelaku bisnis online. Dalam pembuatannya, landing page sebaiknya memperhatikan struktur yang tepat supaya mendapatkan konversi sesuai harapan. Bagaimana susunan landing page yang baik ini ? Simak selengkapnya pada ulasan berikut.

Susunan Landing Page yang Baik

1. Headline

Bagian yang paling pertama dilihat oleh pengunjung website anda adalah headline. Itulah kenapa headline harus dibuat semenarik mungkin supaya membangkitkan rasa penasaran mereka. Headline dari landing page sendiri harus langsung bisa dipahami, tidak bertele tele, tidak membosankan, menyajikan manfaat, dan terasa personal.

Selain itu, hindari membuat judul yang mirip dengan orang lain. Karena hal tersebut berpotensi membuat calon pelanggan menganggap produk anda juga sama dengan pesaing, dan tidak mempunyai keunikan tersendiri. Meski begitu, mencoba terlalu kreatif terkadang membuat headline justru sulit dimengerti. Jadi, pastikan anda memposisikan diri sebagai pembaca ketika membuat judul.

2. Sebab atau Akibat

Langkah selanjutnya untuk menjawab bagaimana susunan landing page yang baik yaitu membuat sebab atau akibat. Yang dimaksud dengan sebab atau akibat ini adalah membuat kenapa pelanggan harus membawa halaman anda, atau kenapa calon pelanggan harus membeli serta menggunakan produk dari bisnis yang anda jalankan.

Untuk membuat sebab, anda bisa menggunakan fakta dan data yang membuat pengunjung menginginkan produk yang ditawarkan. Anda juga bisa menggunakan alasan dan pertanyaan untuk membuat mereka merasa memerlukan produk tersebut. Selain itu, anda pun bisa menggunakan akibat seperti kerugian yang dapat dialami ketika tidak menggunakan produk anda.

3. Solusi

Tepat di bawah sebab akibat yang sudah anda buat pada langkah sebelumnya, jangan lupa sematkan solusi. Karena pelanggan anda tidak semata membeli karena harga, tidak semata membeli karena fitur, bahkan tidak hanya semata mata membeli produk anda. Melainkan mereka membeli harapan, yaitu harapan atas sebab akibat yang telah disebutkan sebelumnya.

Jadi bagaimana susunan landing page yang baik ? Tentu saja membuat manfaat dan solusi sebagai badan landing page. Di sini anda bisa menunjukkan segala kelebihan dan manfaat produk anda. Supaya lebih menarik, cantumkan pula elemen yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Misalnya komposisi, BPOM, fakta dan riset data, manfaat, dan lain sebagainya.

4. Social Proof

Elemen yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen seperti fakta dan riset data, komposisi, BPOM, manfaat, dan sejenisnya terkadang kurang dapat meyakinkan pelanggan. Karena semua itu dijabarkan oleh anda sendiri selaku pemilik bisnis. Tentu saja setiap bisnis akan selalu terkesan melebih lebihkan usahanya.

Oleh sebab itu, anda harus membuktikannya secara langsung melalui social proof atau testimonial. Karena testimoni ini mampu mempengaruhi keputusan calon pelanggan, apakah pergi dari website atau menjadi pelanggan sesungguhnya. Dalam hal ini, ada beberapa bentuk social proof. Yaitu jumlah pengguna, komentar dari orang yang terkenal, dan komentar dari pengguna yang puas.

5. Call to Action

Call to action atau CTA juga perlu dimasukkan ke dalam struktur untuk menjawab bagaimana susunan landing page yang baik. Dengan adanya CTA ini, maka user dapat melakukan perlakuan nyata sebagai langkah selanjutnya. Misalnya membeli, mendaftar, atau hal lainnya. Namun pastikan anda membuat CTA yang menarik dan jelas, serta mudah dipahami.

Itulah susunan landing page yang umumnya digunakan. Jika dilakukan dengan tepat, maka anda berpeluang mendapatkan konversi iklan yang tinggi. Tentu tidak semudah kelihatannya, sehingga anda perlu melakukan beberapa eksperimen untuk menciptakan susunan landing page yang bagus. Mulai dari melakukan A/B testing sampai split test.

By admin