Berikut Cara Membuat Website Menggunakan Elementor di WordPress

Membuat halaman website menggunakan WordPress banyak menjadi pilihan para pemilik bisnis online. Pasalnya WordPress menyediakan cukup banyak template tema yang bisa dipilih untuk membuat halaman web menjadi lebih apik dalam aspek visual. Meski begitu, terkadang anda memerlukan Elementor untuk kustomisasi. Bagaimana cara menggunakan Elementor di WordPress ?

Contents

Mengenal Apa Itu Elementor

Elementor merupakan salah satu page builder yang sangat umum dipakai. Dimana page builder ini memang diciptakan secara khusus untuk situs web berbasis WordPress. Dengan menggunakan plugin Elementor tersebut, pengguna dapat mengubah sekaligus mendesain ulang tampilan website yang ada dengan mudah tanpa perlu menguasai teknik coding.

Sebab, ada kalanya tema saja tidak cukup membuat visual website menjadi menarik. Karena acap kali teman memberikan opsi kustomisasi yang terbatas. Itulah mengapa diperlukan adanya page builder yang akan membantu mempercantik tampilan website. Dengan visual yang oke, users pun akan betah berlama lama ada di website.

Membuat Website Menggunakan Elementor

1. Install Elementor

Cara menggunakan Elementor di WordPress termasuk sangat mudah. Terlebih page builder ini memang secara khusus dibuat untuk website yang berbasis WordPress. Pertama tama, anda perlu menambahkan Elementor tersebut ke website. Caranya yaitu dengan klik menu Plugins, kemudian pilih Add New.

Pada kolom pencarian di sebelah kanan, masukkan kata kunci Elementor dan nantinya anda akan menemukan plugin yang dicari. Apabila sudah ketemu, klik tombol Install Now pada plugin Elementor. Tunggu proses install atau sampai muncul tombol Activate. Anda bisa klik tombol Activate ini jika sudah muncul, maka plugin pun siap untuk digunakan.

2. Mendesain Menggunakan Template

Menu Elementor bisa anda temukan di dashboard WordPress ketika plugin sudah aktif. Tombol Edit with Elementor pun bisa anda temukan pada setiap halaman situs web. Jadi anda hanya perlu klik tombol tersebut saat ingin mengedit halaman. Maka anda akan langsung dibawa ke halaman khusus untuk mendesain.

Untuk mengubah tampilan atau menambah fitur yang diinginkan, cara menggunakan Elementor di WordPress bisa dilakukan dengan memperhatikan bagian sebelah kanan dari side panel. Sedangkan untuk membuat halaman dari template, cukup klik tombol bergambar folder.

Di sana anda akan menemukan halaman khusus berisikan berbagai macam template. Pilih sesuai selera dengan cara klik Insert pada bagian bawah design. Desain yang sudah dipilih ini kemudian akan muncul pada halaman. Anda juga bisa melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan, seperti mengubah isi maupun menambahkan elemen. Untuk menyimpan perubahan, klik Save As Template.

3. Mendesain dari Nol

Selain mendesain halaman website menggunakan template dengan bantuan plugin Elementor, anda juga bisa mendesain web dari nol. Bagi anda yang suka berkreasi sendiri sesuka hati, tentu cara ini akan lebih direkomendasikan. Karena anda tidak perlu bergantung pada template yang sudah ada dalam mendesain website.

Untuk mendesain dari kanvas kosong sendiri caranya yaitu klik tombol plus (+) yang ada di sebelah kiri. Tombol tersebut akan mengarahkan anda ke pilihan struktur halaman. Pilih struktur halaman yang dirasa cocok. Nantinya halaman akan diisi dengan section, yang mana cara menggunakan Elementor di WordPress yaitu langsung saja tambahkan elemen dari library untuk mendesain.

Jadi intinya anda bisa menggunakan Elementor untuk melakukan kustomisasi desain di WordPres, baik itu mendesain halaman website dari nol maupun mendesainnya menggunakan template. Sehingga anda bisa menampilkan visual website yang apik sesuai dengan keinginan, untuk menarik pengunjung lebih banyak.

By admin