Tata Cara Membuat Landing Page dengan WordPress, Mudah dan Cepat!

Landing page merupakan salah satu elemen penting dalam digital marketing. Pasalnya halaman website ini memang sengaja didesain untuk mengumpulkan leads bagi bisnis, sekaligus meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, anda bisa membuat landing page dengan WordPress dengan mudah tanpa harus mempelajari kode apa pun. Bagaimana caranya ? Yuk simak panduannya berikut ini.

Contents

Membuat Landing Page dengan Mudah Menggunakan WordPress

1. Log In WordPress

Langkah pertama membuat landing page yaitu dengan log in WordPress terlebih dahulu. Jika website bisnis anda memang sudah dibuat dengan WordPress, maka anda hanya perlu log in menggunakan akun yang sudah ada. Caranya cukup memasukkan username atau alamat email dan password. Nantinya akan muncul halaman dashboard WordPress setelah beberapa saat.

Namun jika anda belum punya akun WordPress, maka silahkan membuatnya terlebih dahulu dengan cara sign up. Setelah berada di halaman dashboard WordPress, langkah selanjutnya adalah memilih tema landing page. Di WordPress sendiri sudah tersedia tema landing page yang cukup banyak. Seperti tema umum dan multiguna untuk semua industri, maupun tema yang spesifik untuk industri tertentu.

2. Install Plugin Elementor Page Builder

Membuat landing page dengan WordPress umumnya dilakukan dengan bantuan plugin. Cara ini dilakukan supaya anda lebih mudah dalam melakukan pengeditan. Dimana plugin yang digunakan untuk membuat landing page sendiri sebenarnya amat beragam, salah satunya seperti Elementor page builder yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Instalasi Elementor bisa dilakukan dengan cara klik menu Plugin, lalu tab Add New. Pada kolom pencarian yang ada, anda bisa langsung mengetikkan Elementor dan segera install setelah anda menemukannya. Tunggu proses instalasi sampai selesai, kemudian klik Activate agar anda dapat menggunakannya.

3. Membuat Kerangka Landing Page

Apabila plugin sudah terinstall dan dapat digunakan, selanjutnya anda bisa mulai melakukan pembuatan kerangka landing page. Memang di samping efisiensi biaya dalam penggunaan WordPress, platform tersebut memungkinkan anda untuk membuat kerangka landing page secara langsung pada situs.

Klik menu Pages, lalu klik Add New untuk membuat desain halaman. Pada langkah ini, anda juga dapat memilih berbagai macam template. Misalnya menggunakan background yang sama dengan tema WordPress, agar sekaligus dapat membangun brand awareness.

Jika desain sudah selesai dibuat, anda bisa mulai membuat landing page yang siap untuk diluncurkan dengan cara klik tombol Edit with Elementor. Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman desain landing page dari plugin. Ada banyak sekali elemen yang bisa anda gunakan sesuka hati di sana untuk dimanfaatkan guna pembuatan landing page. Seperti inner section, text editor, image, dan lain lain.

4. Optimalkan CTA

Ketika sudah selesai didesain, anda akan mendapat tampilan konten landing page yang siap untuk diluncurkan. Jangan lupa untuk mengoptimalkan CTA dalam cara membuat landing page dengan WordPress tersebut. CTA atau call to action ini memang hal yang wajib ada di setiap landing page.

Pasalnya CTA berisikan sebuah instruksi untuk mengajak pengunjung melakukan sesuatu, misalnya “Beli sekarang juga sebelum kehabisan!”. Perpaduan CTA dengan landing page ini nantinya dapat menghasilkan conversion rate yang tinggi. Tentunya diperlukan CTA yang menarik supaya pengunjung mau melakukan klik.

Itu dia ulasan singkat mengenai bagaimana caranya membuat landing page menggunakan WordPress. Bisa dibilang bahwa caranya cukup mudah, karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Terlebih anda tidak perlu mempelajari coding apa pun ketika membuat halaman website dengan WordPress.

By admin