Kuliah di Luar Negeri - Jurusan Software Engineering 2020
Software Enginer

Pada saat ini software developer termasuk salah satu pekerjaan paling dicari di Indonesia. Mencari pekerjaan di era berkembangnya teknologi yang sangat pesat, seharusnya bukan lagi perkara yang sulit. Pasalnya, di era sekarang, orang jalan-jalan sambil makan pun bisa dapat uang yang tidak sedikit, food vlogger contohnya.

Menjadi konten kreator, memang bisa jadi pekerjaan favorit milenial atau anak jaman sekarang. Tapi penasaran nggak sih, jenis pekerjaan apa yang saat ini paling populer di Indonesia? Kalau kamu menebak konten kreator, jawaban kamu salah.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Bambang Brodjonegoro yang dulunya pernah menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi, menjelaskan bahwa ada 5 pekerjaan yang paling populer di Indonesia saat ini. Yang mengejutkan adalah seluruh pekerjaan ini berhubungan dengan teknologi digital.

Berikut 5 pekerjaan paling dicari di Indonesia:

  • Backend Developer
  • Frontend Developer
  • Android Developer
  • Full Stack Developer
  • Data Scientist

Yup, semuanya adalah software developer.

Bambang sendiri mengatakan bahwa teknologi digital saat ini memang sedang sangat populer di Indonesia, terutama di bidang data science. Banyak sekali seliweran di media sosial maupun konvensional yang membicarakan soal data science, dan memang topik itu seru untuk dibahas dan tidak ada habisnya. Maka dari itu, untuk mengembangkan teknologi data science yang bagus, banyak dari perusahaan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya data dari konsumen mereka. Kemudian data tersebut nantinya akan diolah kembali di big data dan dimanfaatkan untuk teknologi Machine Learning.

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang, kenapa seorang software developer bisa mendominasi daftar pekerjaan yang populer saat ini? Jawabannya simpel, karena saat ini kita butuh aplikasi atau software. Apalagi, situasi pandemi saat ini, seakan “memaksa” kita untuk berpindah dari konvensional menjadi digital, siap ataupun tidak. Jujur saja, semenjak pandemi terjadi, banyak sekali lapangan pekerjaan baru yang hadir. Terutama di bidang teknologi digital, karena memang itulah yang saat ini sedang kita butuhkan.

Apalagi trend internasional yang juga merangsek masuk ke Indonesia. Contoh saja Metaverse, yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat oleh para pengusaha. Karena Metaverse ini nantinya akan menjadi masa depan dari internet, yang membuat transaksi bisnis menjadi lebih menggiurkan dan dapat meraup keuntungan lebih banyak.

Jadi buat kamu yang saat ini sedang berada dalam studi di bidang teknologi informasi digital, kamu bisa dibilang orang yang beruntung, karena tidak perlu bersusah payah mencari pekerjaan, justru malah perusahaan yang mencari kamu, tapi itu jika kamu punya kompetensi yang baik dan sesuai ya.

By admin