Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa yang cocok untuk dipelajari. Buat kamu yang tertarik untuk mendalami ilmu di bidang teknologi khususnya pemrograman, pastikan kamu harus memilih bahasa pemrograman yang cocok. Untuk menentukan hal tersebut, kamu bisa saja mengikuti materi pemrograman yang ada di bangku perkuliahan. Karena pada dasarnya, bahasa pemrograman yang ada di bangku kuliah merupakan bahasa yang cocok untuk pemula. Kebanyakan bahasa pemrogramannya yaitu C, Java, Pascal, dan C++. Nah, di kesempatan kali kita akan membahas tentang bahasa C++.

Bahasa pemrograman C++ berasal dari bahasa C?

Bila kamu beranggapan bahwa nama bahasa C++ berasal dari bahasa C, maka kamu benar. Karena memang bahasa C++ dibuat dengan bahasa C yang mana terdapat tambahan beberapa fitur. Sehingga memang banyak anggapan bahwa C++ lebih bagus dari C. Maka dari itu simbol ++ diambil dari metode increment atau ditambah nilainya 1.

Seperti yang kita bahas di awal tadi, bahasa C++ merupakan bahasa yang cocok untuk pemula. Ini karena C++ bisa menjelaskan kepada pemula tentang konsep dan algoritma pemrograman. Serta di C++ juga mampu memperkenalkan konsep pemrograman berbasis objek atau Object Oriented Programming (OOP). Yang mana OOP ini adalah konsep yang paling sering digunakan hingga saat ini untuk membuat berbagai proyek raksasa.

Bahasa C++ termasuk ke dalam general-purpose programming language, atau bahasa pemrograman yang bisa untuk membuat berbagai macam aplikasi. Kita bisa menggunakan bahasa C++ untuk membuat aplikasi seperti antivirus, software pengolah gambar, aplikasi pengolah kata, bahkan untuk membuat compiler bahasa pemrograman lain.

Belajar bahasa C++ juga memiliki beberapa keuntungan. Ini karena C++ bisa digunakan untuk membuat aplikasi di berbagai platform. Baik itu di desktop, web, mobile, aplikasi jaringan, software hacking, dan segala macam lainnya. Namun walaupun begitu, C++ tetap memiliki spesialis nya tersendiri.

Saat ini banyak orang yang memakau C++ untuk pengembangan aplikasi yang berhubungan dengan visual grafis. Seperti contohnya game engine dan aplikasi pengolah gambar (image processing). Sudah berbagai aplikasi populer yang menggunakan C++, seperti: Inkscape, Krita, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Firefox, Google Chrome, Unity, Unreal engine, dan masih banyak lagi. Keren banget kan bahasa C++ ini.

Nah itulah tadi dia pembahasan kita mengenai bahasa pemrograman yang usianya sudah cukup tua ini, yaitu bahasa C++. Semoga dengan semua pembahasan tadi kamu bisa jadi lebih mengerti dan lebih semangat belajar. Selamat dan semangat belajar semuanya! (buddy).

By admin