Framework php dalam bahasa Indonesia framework memiliki arti kerangka kerja setiap bahasa pemgrograman memiliki framework yang berbeda-beda. Framework diciptakan untuk mempermudah developer mengembangkan aplikasinya. karena itu terkadang membuat kita bertanya : “Framework apa yang paling populer di Indonesia?” pada artikel ini kita akan membahas framework untuk bahasa pemrograman php terpopuler khususnya di Indonesia.

1. Laravel framework for php

laravel

laravel Adalah salah satu framework php populer buatan Taylor Otwell dari negeri paman sam framework ini pertama kali dirilis pada tahun 2011. Struktur Framework laravel digadang-gadang lebih manusiawi daripada framework lainnya. Laravel memiliki semboyan “love beautiful code? We do too, the php framework for web artisans” artisan disini merupakan salah satu fitur unggulan laravel fitur artisan dijalankan dengan CLI (command line interface).

2. Codeigniter framework php

Codeigniter atau dikenal dengan CI pertama kali dirilis pada tahun 2008. Codeigniter mendapat apresiasi dari pembuat bahasa pemrogram php Rasmus Lerdorf “I like Codeigniter because it is faster, lighter and the least like a framework.”

3. Yii framework

Yii berasal dari negeri tiongkok dirilis pertama kali pada 30 desember 2008. Nama Yii sendiri merupakan singkatan dari “yes it si” yii mengklaim melampaui framework php lain dari segi gaya fitur, efisiensi dan dokumentasi. Yii memiliki andalan fitur generator CRUD (Create, read, update dan Delete) yang telah include didalamnya. Fitur ini sangat membantu programmer terutama dalam hal membangun dan pengembangan aplikasi terutama aplikasi system informasi.

4. Cakephp

Cakephp Dikutip dari Wikipedia CakePHP merupakan sebuah rapid development framework yang gratis dan sumber terbuka untuk PHP. CakePHP adalah sebuah framework atau kerangka kerja untuk membuat aplikasi CRUD berbasis bahasa pemrograman PHP.

5. Zend

Pencipta bahasa pemrograman php Rasmus Lerdorf pada tahun 2013 pernah mengatakan bahwa “semua framework menyebalkan” tapi kenyataan nya zend tempatnya bekerja juga membuat framework php  yang diberi nama Zend sama persis dengan nama perusahaan tempat dia berada. Zend framework memiliki semboyan paket profesinal yang mengutamakan kesederhanaan, keunggulan serta kecepatan.

Kenapa 5 framework php tersebut dianggap popular?

Apabila kita bandinkan di google trends istilah penelusuran  framework php laravel, codeigniter yii, cakephp dan zend.

data framework php terpopuler

Maka hasilnya adalah :

Laravel menempati posisi pertama, disusul codeigniter pada peringkat 2 yii posisi 3 selanjutnya zend dan terakhir cakephp pada posisi 5.

Cukup sekian artikel tentang Framework php paling populer di Indonesia

Semoga bermanfaat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.