Membangun Aplikasi Mudah dengan Framework - Blog Tekno UNISBANK
Framework
sumber: unsplashhttps://unsplash.com/

Pada masa saat ini, yang mana seakan dunia memaksa kita untuk bergerak lebih cepat, seperti halnya melakukan pekerjaan maupun bisnis, banyak berbagai macam teknologi yang mendukung hal tersebut. Seperti contoh keberadaan software atau aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.

Namun dalam membuat software atau aplikasi tersebut pun ternyata butuh waktu yang cukup lama dan tidak sebentar. Padahal fungsi aplikasi tersebut sudah banyak yang menanti untuk kemudian memanfaatkannya untuk membantu pekerjaan manusia. Nah maka dari itu, untuk membantu para programmer untuk membangun aplikasi tersebut lebih cepat, para developer membuat teknologi lagi untuk mempercepat hal tersebut.

Membangun Aplikasi dengan Framework

Teknologi tersebut banyak orang kenal dengan nama framework. Buat kamu yang sudah berkecimpung dalam dunia pemrograman pasti sudah tidak asing dengan teknologi ini. Secara definisi, banyak yang menafsirkan pengertian dan kegunaan dari framework. Secara umum, framework merupakan sebuah teknologi yang memiliki fungsi untuk menyediakan landasan dan kerangka dasar guna mengembangkan berbagai macam aplikasi perangkat lunak.

Dengan menggunakan framework, si developer atau pengembang tidak perlu lagi merancang dari awal sebuah program saat ketika hendak memulai sebuah proyek baru. Segala keperluan dasar yang mereka butuhkan untuk membuat aplikasi sudah tersedia, jadi mereka hanya meneruskan sesuai kebutuhan yang klien minta.

Framework sendiri bisa kita bilang sebagai template kerangka kerja dasar yang dapat programmer ubah sesuai dengan kebutuhan fitur yang hendak mereka gunakan dan mengubah atau memodifikasi kode yang sudah ada.

Aplikasi yang bisa programmer kembangkan dengan sebuah framework bisa berupa aplikasi web, mobile, maupun desktop. Umumnya framework menggunakan sebuah library dari pengembang framework tersebut, yang nantinya bisa programmer install atau ambil source-nya dari penyedia framework.

Dengan ini, programmer bisa bekerja dengan efektif, lebih cepat, dan efisien ketika hendak membangun sebuah aplikasi. Beberapa contoh framework yang populer para programmer gunakan saat ini antara lain: Flutter, Laravel, React, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel mengenai Kelebihan Windows 11 dibanding Windows 10 !

By admin