Bahasa Pemrograman

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi informasi membuat kita semakin mudah untuk menemukan atau mencari sebuah pengetahuan yaitu dengan menggunakan sebuah teknologi bernama internet. Melalui internet kita bisa leluasa mencari segala informasi dari seluruh belahan dunia dari manapun dan kapanpun. Informasi yang biasa sering kita lihat tersimpan dan tampil dalam sebuah dokumen yang bernama halaman web. Nah, tapi pertanyaannya bagaimana cara membuat atau memasukkan segala informasi tersebut ke internet? Maka dari itu ada yang namanya pemrograman web.

Mengenal Pemrograman Web

Pemrograman web merupakan istilah yang sering banyak orang bicarakan dan berkaitan dengan internet dan website. Ini karena memang untuk menulis atau membuat sebuah halaman perlu membangunnya dengan menggunakan pemrograman web. Sederhananya, kamu bisa mendesain, mengisi konten, mengelola, bahkan mengatur keamanan dengan program yang berisi beberapa baris kode. Kemudian program tersebut akan berjalan di internet atau yang sering orang bilang WWW atau World Wide Web.

 WWW atau World Wide Web merupakan istilah yang merujuk pada halaman-halaman web yang saling terkoneksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah jaringan yang biasa orang sebut hyperlink dan nantinya berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protocol (HTTP).

Dalam ilmu pemrograman, baik dalam web, mobile, desktop, ataupun lainnya pasti selalu ada bahasa pemrograman yang banyak orang gunakan. Untuk membuat sebuah aplikasi memang perlu yang namanya bahasa pemrograman agar kita sebagai manusia bisa berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan barisan-barisan kode. Nah nantinya barisan kode tersebut yang akan menjadi pondasi awal terbentuknya sebuah aplikasi. Sang pembuat program biasa orang sebut sebagai programmer.

Berbicara soal pemrograman web, banyak sekali bahasa yang programmer gunakan. Sebenarnya tidak ada bahasa pemrograman yang paling bagus atau powerfull, semua berdasarkan pada kebutuhan. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang sering orang gunakan untuk membangun web antara lain: Javascript, PHP, Python, Ruby, dan lain-lain. Terdapat juga bahasa markup yang bisa membuat web kamu semakin menarik yaitu ada: HTML (HyperText Markup Language) dan juga CSS (Cascading Style Sheet).

By admin