codeigniter perbedaan ci 4 dan 3

CodeIgniter atau dikenal sebagai CI adalah salah satu teknologi framework (krangka kerja) untuk  bahasa pemrograman PHP dengan model MVC yang bersifat open source, setelah pada tahun 2015 codeigniter 3 dirilis pada tahun ini codeigniter merilis versi 4 nya dan pada artikel kita akan mencoba membahas sebanyak mungkin perbedaan CI 4 dan 3.

Proses Instalasi codeigniter

Sebelumnya saat kita ingin menggunakan codeigniter (versi 3) kita harus melakukan download terlebih dahulu lalu kita simpan pada web server untuk sekarang kita bisa melakukan instalasi langsung di composer, kelebihan atau manfaat menggunakan metode ini saat ada komponen yang berubah (update) maka akan otomatis di update pada composer sedangkan apabila kita melakukan instalasi secara manual kita juga harus melakukan update secara manual fitur tadi juga tidak menghilangkan fungsi download manual pada web resmi codeigniter.com

  • Local Development Server

Dengan fitur codeigniter 4 yang satu ini kita bisa menjalankan server dari web kita menggunakan terminal caranya seperti berikut :

Masuk ke folder codeigniter 4 yang telah di download (lewat terminal)

Lalu ketikkan perintah :

php spark serve

Dengan trik ini kita bisa menyimpan file coding web di folder mana saja tanpa harus menyimpan di htdocs.

  • Support Minimal PHP 7.2

Berbeda dengan codeigniter versi 3 yang harus menggunakan php versi 5.6 codeigniter 4 minimal harus menggunakan php 7.2 jadi harus kita pastikan saat melakukan instalasi codeigniter php kita sudah 7.2 ke atas.

  • Struktur Direktori

Semua folder pada framework codeigniter 4 diawali dengan huruf besar sesuai dengan standar terbaru sedangkan codeigniter 3 semua folder direktori terdiri dari huruf kecil, codeigniter 4 juga memiliki direktori public yang mana pada direktori tersebut telah tersedia index.php sedangkan pada codeigniter (CI) 3 kita harus membuatnya sendiri.

  • CI 4 Support Namespace

Namespacing akan memudahkan kita saat kita menggunakan Library atau bahkan coding dari pihak ke 3 untuk menghindari “Ambigu” yang sebelumya tidak ada pada codeigniter 3.

  • Autoload Superfast

Tidak seperti codeigniter 3 auto load pada codeigniter 4 lebih cepat dan efektif karena didukung psr4.

  • File .Env

Untuk konfigurasi, codeigniter 4 sudah memiliki file .env ini akan sangat membantu kita membedakan tahapan pembuatan suatu website misalkan untuk membedaan saat development, production dan testing.

  • Memiliki CLI

Cli (command line interface) kini juga hadir di codeigniter untuk bisa memudahkan kita melakukan banyak hal seperti pembutan taks misalkan kita meminta user web kita untuk melakukan input password, file permission bahkan hingga back up data. Contoh seperti point 2 pada artikel ini kita telah menjalankan web server dengan command line (terminal). Bahkan dengan fitur ini kita bisa melakukan custom pada CLI. Ini akan memudahkan kita melakukan kolaborasi antara aplikasi web kita dengan aplikasi lain.

  • Rest

Rest sendiri merupakan akronim dari Representational State Transfer, dengan codeigniter 4 kita bisa membuat REST API yang mana didalamnya telah ada resource rooting tidak hanya menggunakan metode konfensional saja seperti get & post tetapi bisa menggunakan metode rest full lain seperti put, pach & delete Hal ini dikarenakan codeigniter 4 memiliki fitur http method spoofing. REST API sendiri merupakan salah satu materi yang disampaikan pada mata kuliah pemrograman web pada program studi Teknik Informatika Unisbank semarang.

  1. Dokumentasi

Dokumentasi codeigniter 4 sangatlah lengkap tapi perlu digaris bawahi pada dokumentasi codeigniter codeigniter 4 tidak serinci dokumentasi codeigniter 3.

Note : 10 perbedaan CI 4 dan 3 diatas menunjukkan bagi kita yang telah familir dengan framework php codeigniter 3 perlu beberapa penyesuaian sebelum familiar dengan codeigniter 4.

Cukup sekian artikel tentang Review codeigniter  perbedaan CI 4 dan 3 pada blog tekno unisbank

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.