Teknologi ialah keseluruhan sarana untuk menyediakan sebuah barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Di era ini, perkembangan teknologi sangatlah cepat. Disamping manfaatnya, teknologi bisa menjadi pedang bermata dua. Teknologi juga bisa memberikan dampak negative bagi manusia. Contohnya kecanduan gadget pada anak di bawah umur.

  Kecanduan gadget pada anak bisa mempengaruhi kesehatan anak, terutama kesehatan mental anak. Dari penelitian yang dilakukan British Heart Foundation (BFH), 1 dari 10 generasi balita generasi ‘iPad’ yang cukup aktif untuk dikategorikan sehat. Teknologi memang berperan penting dalam membantu perkembangan buah hati tercinta, namun orang tua perlu membatasi penggunaannya agar anak tidak alami berbagai gangguan kesehatan akibat kecanduan gadget.

Berikut 5 Cara Cerdas Untuk Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak :

  • Memberi jadwal penggunaan gadget

Saat usianya masih kecil, ada baiknya orang tua memberikan jadwal kapan anak dapat menggunakan gadget. Hal ini berguna agar kelak saat dewasa, ia akan terbiasa untuk tidak terus menerus menatap layar gadget-nya. Untuk anak usia 5 tahun ke atas, batasi penggunaannya tidak lebih dari 2 jam selain waktu belajar. Hal ini agar mata anak tidak mudah lelah dan menjadi kecanduan.

  • Tetapkan wilayah bebas penggunaan gadget

Wilayah bebas gadget dapat berguna untuk mendisiplinkan anak dalam bermain gadget. Seperti contoh kamar merupakan tempat untuk beristirahat, jadi tidak boleh sama sekali untuk bermain gadget di kamar, termasuk untuk orang tua

  • Memberikan alternatif kegiatan untuk perhatian anak

Orang tua juga dapat memberikan alternatif kegiatan sebagai salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengurangi kecanduan gadget anak. Agar anak memiliki kesibukan dan hobi, orang tua bisa mengajak anak untuk bermain bola, memancing, memasak dsb.

  • Bangun komunikasi yang sehat dengan anak

Komunikasi yang sehat dan baik sangatlah penting untuk membentuk pola hidup anak. Dengan komunikasi yag baik, orang tua dapat mengatur anak dengan lebih mudah.

  • Beri contoh yang baik untuk anak

Anak-anak umumnya akan melihat dan menirukan apa yang ia lihat disekitarnya, termasuk melihat apa yang orangtuanya lakukan. Untuk itu, jika orang tua menginginkan anak yang tidak memiliki kebiasaan menggunakan gadget, Mama bisa memulainya dari diri sendiri. Jika orang tua masih bermain gadget di depan anak, tentu ia akan menirukan kebiasaan tersebut.

Jadi mulai sekarang, usahakan untuk tidak sibuk dengan gadget saat bersama anak. Berikan contoh yang baik pada anak agar tidak alami kecanduan dengan gadget. Karena pada dasarnya anak merupakan tiruan dari orang tuanya, jika orang tua ingin anak memiliki sikap dan kebiasaan yang baik, maka contohkanlah anak dengan sikap dan kebiasaan yang baik.

Di era teknologi ini, pengetahuan terhadap teknologi sangatlah penting. Yuk daftarkan diri anda ke Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang. Terutama untuk siswa SMA/K yang akan lulus dari sekolah dan akan masuk ke perguruan tinggi sangat disarankan untuk mendaftar di Universitas Stikubank Semarang. Selamat mencoba!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *