Slider atau bisa juga disebut carousel adalah salah satu komponen untuk mempercantik sebuah website. Caranya yaitu dengan menambahkan gambar atau teks, supaya pengunjung merasa lebih penasaran dengan isi suatu situs web. Karena WordPress tidak mempunyai slider bawaan, anda bisa memanfaat Slider Revolution. Berikut cara membuat slider menggunakan Slider Revolution.

Mengenal Slider Revolution

Sebelum anda membuat slider di WordPress dengan menggunakan Slider Revolution. Mari sebaiknya mengenal terlebih dahulu apa itu Slider Revolution sendiri. Jadi, Slider Revolution merupakan slider premium yang banyak digunakan sebagai plugin pada WordPress. Bahkan tidak hanya WordPress, Slider Revolution juga biasa digunakan sebagai plugin Joomla dan plugin jQuery.

Dimana ada banyak fitur yang bisa dibangun di Slider Revolution untuk membuat slider dengan mudah. Itulah kenapa plugin ini mampu memperoleh popularitas yang luar biasa. Adapun beberapa fitur yang direkomendasikan yaitu responsive layout dan juga multiple content sources, yang memudahkan proses pembuatan slider.

Membuat Slider di WordPress

1. Instalasi Slider Revolution

Untuk membuat slider menggunakan Slider Revolution, maka pertama tama anda perlu melakukan instalasi plugin tersebut terlebih dahulu. Yang mana anda perlu masuk ke halaman unduh, apabila membeli salinan Slider Revolution dari log CodeCanyon ke akun Envato anda.

Selanjutnya cari saja salinan Slider Revolution tersebut, dan pilih installable WordPress file only. Baru kemudian masuk ke situs WordPress, maka anda akan diarahkan ke opsi Plugins. Pilih Tambah Baru lalu klik Upload Plugin yang tombolnya berada di bagian kiri atas layar. Anda bisa menggunakan tombol Pilih File untuk memilih file plugin. Setelah itu klik Pasang Sekarang dan aktifkan plugin.

2. Pengaturan Global Revolution Slider

Disarankan untuk mengunjungi Pengaturan Global Revolution Slider terlebih dahulu sebelum anda mulai membuat Slider menggunakan Slider Revolution. Dimana submenu peraturan tersebut berada di pilihan navigasi sebelah kiri layar, yang letaknya di bawah Slider Revolution.

Dalam submenu pengaturan, terdapat dua opsi yang sebaiknya anda buka. Opsi pertama yaitu Lihat Izin Plugin, untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang membuat slider di situs anda kecuali perancang web atau admin lain. Kemudian opsi yang kedua yaitu opsi nonaktifkan pemberitahuan, supaya tidak terganggu dengan pemberitahuan upgrade.

3. Buat Slider

Untuk membuat slider, anda bisa mencari tab Master Slider baru di dashboard. Daftar semua slider yang aktif di WordPress nantinya akan muncul pada tab tersebut. Namun jika ini pertama kalinya bagi anda dalam membuat slider, maka daftar di Master Slider tersebut akan kosong.

Klik Create New Slider apabila anda ingin membuat slider baru. Plugin nantinya akan mengonfirmasi tipe slider yang ingin anda buat. Dimana anda mempunyai delapan pilihan slider dengan dan tanpa thumbnails, termasuk horizontal slider. Jika sudah dibuat, anda selanjutnya diarahkan ke tab elemen Slides.

Pada tab Slides tersebut, anda dapat memilih menambahkan gambar dengan memilih daftar yang sudah ada di library atau menggunakan WordPress media uploader. Setelah berhasil menambahkan gambar atau foto, maka tampilan Slides akan berubah berisikan gambar yang anda tambahkan tadi.

4. Mengonfigurasikan Slider WordPress

Anda bisa mengatur slider WordPress sesuai dengan keinginan. Caranya yaitu scroll ke bawah dan klik Background, lalu pilih tab Slides. Di sana anda bisa mengonfigurasikan latar belakang untuk masing masing slide dengan memilih gambar yang tepat. Selesai, anda baru saja berhasil membuat slider menggunakan Slider Revolution secara sederhana.

Cara di atas adalah tutorial pembuatan slider sederhana di WordPress. Tentunya dengan berkreasi sedemikian rupa, anda pun dapat menciptakan slider yang lebih baik. Karena dengan menggunakan plugin Slider Revolution, ada banyak opsi slider dan fitur yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

By admin