Website menjadi salah satu sarana digital marketing yang sangat ampuh bagi bisnis. Dimana struktur website yang baik dapat memaksimalkan proses marketing tersebut. Sebab struktur website untuk bisnis tersebut bagus untuk SEO dan memudahkan navigasi user. Lantas, seperti apa struktur situs web yang baik ? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Struktur Situs Web yang Baik Untuk Bisnis

1. Front Page

Sesuai dengan namanya, front page adalah halaman depan sebuah website. Biasanya bagian ini disebut juga sebagai home, atau anda mungkin lebih familiar dengan istilah homepage. Bagian tersebut merupakan beranda web, yaitu halaman yang akan pertama kali ditemukan pengunjung ketika membuka website anda menggunakan domain tanpa tambahan di belakangnya.

Jadi, front page ini hukumnya wajib dan setiap website sudah pasti memilikinya. Fungsi dari homepage sendiri ibarat jendela atau etalase pada sebuah toko. Sehingga penting untuk membuatnya semenarik mungkin agar pengunjung betah untuk tetap berada di situs, dan berpotensi melakukan tindakan selanjutnya seperti pendaftaran atau pembelian.

2. Pages

Struktur website yang baik berikutnya yaitu pages, yaitu isi dari sebuah website. Setiap situs web wajib mempunyai pages, karena bagian ini umumnya terdiri atas berbagai macam halaman, yang berisikan macam macam informasi terkait dengan jasa atau produk yang ditawarkan bisnis.

Sehingga adanya pages membuat pengunjung dapat mengetahui bisnis apa yang anda jalankan dan produk atau jasa apa yang ditawarkan. Itulah kenapa di era modern seperti sekarang, hampir semua perusahaan mempunyai websitenya sendiri. Karena melalui pages website, mereka dapat secara mudah dan praktis memperkenalkan brand kepada para konsumen.

3. Blogs

Tidak seperti homepage dan pages yang bersifat wajib, setiap website sebenarnya tidak harus mempunyai bagian tersebut. Biasanya mereka yang tidak menggunakan blogs, kurang memahami bagaimana cara mengeksekusi kontennya. Jadi bukan karena tidak mau, sebab blogs pada struktur website yang baik mempunyai beberapa manfaat bagi pemilih bisnis.

Terlebih blogs tersebut berisikan konten yang dapat dioptimasi menggunakan SEO, sehingga berpeluang ditemukan oleh pengunjung potensial. Isi dari blogs sendiri umumnya yaitu artikel, berita, hingga update terbaru dari sebuah bisnis. Dengan menggunakan teknik SEO yang baik, maka berbagai konten pada blogs akan lebih menarik dan menghasilkan traffic tinggi.

4. Contact Us

Website yang dibangun untuk kepentingan bisnis umumnya mempunyai bagian contact us. Tujuannya adalah agar konsumen bisa mengetahui ke mana harus menghubungi ketika ada yang perlu ditanyakan terkait produk atau layanan jasa. Adapun isi dari bagian contact us antara lain nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, serta formulir untuk mengirim pesan ke perusahaan.

5. Hidden Pages

Selain empat poin yang telah disebutkan sebelumnya, sebenarnya struktur website yang baik juga memiliki hidden pages. Sesuai dengan namanya, halaman tersebut hanya dapat dilihat oleh orang tertentu saja. Sehingga tidak semua pengunjung dapat melihat hidden pages ketika membuka situs.

Umumnya, orang yang dapat melihat hidden pages hanyalah pemilik website atau untuk bagian web developer saja. Biasanya hidden pages tersebut untuk menampilkan event event tertentu. Jadi ketika event berlangsung, halaman akan dimunculkan agar dapat diakses dari menu navigasi.

By admin