Homepage website ibaratkan jendela atau etalase pada toko fisik. Sehingga pemilik bisnis wajib memberi perhatian lebih pada homepage situs web mereka. Khususnya bagi pemilik usaha kecil, sebab homepage tersebut menjadi sarana digital marketing yang ampuh dengan biaya terjangkau. Berikut tips desain homepage untuk bisnis yang bisa perhatikan dan terapkan.

Mendesain Homepage Situs Web

1. Ajakan Bertindak Tunggal

Call to action (CTA) adalah ajakan bertindak yang wajib ada di homepage. Biasanya ajakan bertindak tersebut akan muncul dalam bentuk tombol besar supaya bisa terlihat dengan mudah. Dan mengklik CTA harus mampu mengonversi pengunjung beranda menjadi prospek atau bahkan penjualan.

Itulah kenapa penting untuk memastikan bahwa tidak ada ambiguitas tentang langkah selanjutnya, ketika pengunjung tidak di beranda anda untuk pertama kalinya. Dan karena alasan yang sama, CTA pun diletakkan di paro atas beranda yang terlihat langsung oleh pengunjung tanpa perlu menggulir halaman.

Meski begitu, ajakan bertindak tunggal yang dimaksud di sini tidak lantas membatasi CTA anda untuk bertindak ke area ini saja. Karena anda tetap diperbolehkan untuk mengulanginya sepanjang salinan beranda tersebut. Misalnya menyoroti produk unggulan di bagian atas dengan CTA, dan ketika di scroll down akan muncul tombol CTA lain untuk menambahkan produk ke keranjang.

2. Menggunakan File Gambar Ringan

Tips desain homepage berikutnya yaitu menggunakan file gambar ringan. Meskipun mempunyai gambar yang indah dan berkualitas tinggi memang sangat penting, namun ada hal lainnya di balik itu yang perlu anda perhatikan. Pasalnya semakin besar resolusi gambar di homepage, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung untuk memuat gambar tersebut.

Padahal homepage ini adalah jendela toko, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jika dari jendelanya saja sudah sulit dan butuh waktu lama untuk melihat produk apa saja yang ditawarkan, menurut anda berapa lama pengunjung akan tetap berada di website dan melakukan pembelian ?

Padahal menurut penelitian dari Google, 53% kunjungan situs ditinggalkan terhadap website yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik dalam memuat. Sehingga menggunakan gambar dengan resolusi tinggi yang memuat dalam waktu lama tentu tidak bisa menjadi solusi. Sebaliknya, tips desain homepage menggunakan file gambar ringan dapat anda coba.

3. Buat Homepage Mudah Dipindai

Homepage tidak hanya terdiri atas gambar, biasanya terdapat pula elemen teks di dalamnya. Karena orang cenderung memindai serta skim text secara online, maka penting agar teks pada homepage bisa dengan mudah dipindai, entah website mempunyai salinan panjang atau pendek.

Orang orang bahkan cenderung memindai teks dalam bentuk F dan tidak membacanya untuk kata demi kata. Jadi jika anda tidak memperhatikan struktur tulisan, pengunjung berpotensi kehilangan informasi penting yang ingin anda sampaikan. Maka dari itu, sebaiknya pecahkan konten yang ada di beranda dengan sub judul supaya lebih mudah dipahami.

4. Miliki Orang di Dalam Foto Anda

Tips desain homepage berikutnya yaitu miliki orang di dalam foto anda, alih alih gambar ilustrasi atau ikon semata. Karena sebuah penelitian membuktikan bahwa menggunakan gambar manusia yang nyata dapat meningkatkan rasio konversi. Bahkan anda bisa menggunakan foto staf atau pelanggan secara langsung, untuk menambah kepercayaan konsumen.

Itulah beberapa tips mendesain homepage website. Karena homepage adalah beranda situs yang diibaratkan sebagai etalase pada toko, maka anda tidak bisa membuatnya asal asalan. Sebisa mungkin homepage harus dibuat menarik agar pengunjung merasa penasaran dan menjelajah produk lebih jauh. Sehingga berpotensi menciptakan pelanggan potensial dan meningkatkan penjualan.

By admin