Cara Bikin Google Form Lewat HP - Blog Tekno UNISBANK
Cara Bikin Google Form Lewat HP

Jika bicara soal bikin kuesioner online, kebanyakan orang akan menjawab Google Form sebagai platform layanannya. Buat yang belum tahu, Google Form adalah sebuah layanan gratis untuk membuat formulir online dari Google untuk penggunanya. Dengan itu, kamu tidak perlu lagi melakukan kuesioner secara offline yang tentunya akan sangat ribet.

Nah tapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa sebenarnya membuat Google Form bisa kamu lakukan dengan mudah di ponsel, yang pastinya anti ribet. Karena kamu tidak perlu bantuan aplikasi lain untuk membuatnya, melainkan hanya dengan browser bawaan dari handphone kamu. Pasti penasaran kan dengan bagaimana cara bikinnya?

Berikut ini adalah cara bikin Google Form dari handphone dengan mudah.

  1. Pertama pastikan dulu kamu punya akun Google. Kalau belum punya bikin dulu ya. Kalau sudah punya, langsung login.
  2. Kemudian buka browser yang ada di handphone kamu, lalu pergi ke website https://docs.google.com/forms/
  3. Lalu akan muncul berbagai pilihan template yang sudah tersedia, biar yang bingung pilih blank saja.
  4. Sebelum kamu pergi ke bawah, ubah dulu judul form kamu dengan cara klik tulisan Untitled Form diatas.
  5. Isi juga deskripsi singkat pada kolom Form Description supaya orang lain mengerti gambaran singkat mengenai formulir kamu.
  6. Lalu kamu boleh buat pertanyaan dan pilih beberapa format pertanyaan yang sudah ada, yaitu: Multiple Choice, Jawaban teks singkat, dan Checkbox.
  7. Jika pertanyaan yang kamu ajukan sudah cukup, kamu bisa langsung klik tombol kirim yang ada pada bagian kanan Google Form.
  8. Lalu kamu bisa bagikan link form-nya ke responden yang kamu tuju.

Kalau kamu merasa link-nya kepanjangan, kamu bisa pangkas untuk hasil yang lebih pendek, dengan cara langsung klik saja Perpendek URL dan kemudian copy link tersebut.

Kemudian jika kamu penasaran dengan hasil kuesionernya, kamu bisa lihat langsung pada bagian tanggapan di sebelah kanan bagian pertanyaan. Disana kamu juga bisa melihat jumlah orang yang sudah tanggapi kuesioner kamu.

Itulah cara membuat kuesioner atau formulir dengan Google Form dengan mudah dan tanpa ribet hanya lewat handphone. Semoga dengan ini kamu tidak bingung lagi dan bisa melakukan pekerjaanmu dengan mudah.

By admin