Prospek kerja jurusan Teknik Informatika

Anda adalah mahasiswa program studi teknik informatika, namun masih belum tahu apa saja prospek kerja jurusan TI? Jangan khawatir! Simak artikel ini agar pengetahuan Anda mengenai prospek kerja dari jurusan teknik informatika bertambah.

Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat membuka peluang karier lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer lebih lebar. Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman. Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang sangat luas dan bervariasi.

Contents

Berikut 3 propek kerja jurusan TI yang paling banyak diminati

Software Developer

Software developer merupakan seseorang yang bertugas untuk membangun serta menciptakan suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak. Hal ini termasuk kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, serta keamanan. Tak hanya itu, mereka juga mendiagnosis masalah-masalah program dan memastikan kualitas program yang mereka buat telah memenuhi syarat.

Software developer seringkali menggunakan bahasa pemrograman yang beragam. Pekerjaan mereka pun memang sangat kompleks dan membutuhkan kemampuan lebih dalam dunia komputer, science, bahkan matematika. Pekerjaan seorang developer akan terus berevolusi seiring berkembangan teknologi yang juga berubah-ubah dengan cepat. Contoh pekerjaan seorang Software Developer yaitu membuat software untuk mobile dan membuat website .

Network Engineer

Network Engineer adalah nama sebuah pekerjaan (profesi) yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah organisasi. Tugas utama Network Engineer yaitu memastikan keberhasilan pengelolaan Jaringan sehingga dapat berfungsi baik, stabil, user dapat menggunakan dan mengaksesnya, dan mendukung tujuan organisasi. Oleh karena itu, seorang Network Engineer pekerjaannya adalah terkait dengan jaringan. Seperti Network Troubleshooting, Firewall Configuration, Routing and Switching, dan Traffic Monitoring.

Security Engineer

Security engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merancang dan menerapkan strategi terbaik untuk melindungi jaringan internal perusahaan. Seorang Security Engineer pekerjaannya mirip dengan hacker. Bedanya, ia yang melindungi sebuah website/system agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan atau mereka bertugas melindungi website/system dari serangan hacker.

Jadi prospek kerja apa yang Anda inginkan dan ingin anda dalami?

Di era teknologi ini, pengetahuan terhadap teknologi sangatlah penting. Yuk daftarkan diri anda ke Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang. Terutama untuk siswa SMA/K yang akan lulus dari sekolah dan akan masuk ke perguruan tinggi sangat disarankan untuk mendaftar di Universitas Stikubank Semarang. Selamat mencoba!

Baca juga artikel mengenai 5 Fitur keamanan Telegram!

By admin