Teknologi 5G di Indonesia - Blog Tekno UNISBANK
Teknologi 5G di Indonesia
5G

Pada tanggal 27 Mei 2021 lalu, teknologi 5G secara resmi masuk di Indonesia. 5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G.

Seperti yang kita tahu, semakin hari perkembangan teknologi selalu semakin maju. Adanya perkembangan teknologi yaitu untuk mempermudah hidup manusia dalam melakukan aktivitasnya. Ketika dahulu teknologi bertukar data tanpa menggunakan kabel adalah sebuah hal yang revolusioner, hari ini setiap orang yang menggunakan gawai tanpa sadar selalu berbagi data dirinya dengan orang lain. Salah satu perkembangan teknologi yang menjadi lompatan jauh masa kini adalah jaringan 5G. Pada awal masuknya 5G di Indonesia tidak langsung merata.

Contents

Berikut wilayah-wilayah yang masuk ke dalam cakupan 5G di Indonesia :

Balikpapan

Di kota Balikpapan, jaringan 5G Telkomsel sudah dapat diakses di GraPARI Balikpapan.

Medan

Untuk kota Medan, wilayah cakupan 5G Telkomsel meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman. Baca juga: Trending MyTelkomsel Error, Berikut Penjelasan serta Cara Beli Pulsa dan Internet Telkomsel.

Surakarta

Di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta

Jabodetabek

Jaringan 5G Telkomsel meliputi enam lokasi residensial di Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Namun, untuk menggunakan teknologi 5G ini pengguna harus menggunakan ponsel yang mendukung jaringan 5G di spektrum frekuensi 2,3 Ghz dan harus benar-benar berada di lokasi-lokasi tersebut.

Di era teknologi ini, pengetahuan terhadap teknologi sangatlah penting. Yuk daftarkan diri anda ke Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang. Terutama untuk siswa SMA/K yang akan lulus dari sekolah dan akan masuk ke perguruan tinggi sangat disarankan untuk mendaftar di Universitas Stikubank Semarang. Selamat mencoba!

Baca juga artikel mengenai 3 Prospek Kerja Jurusan TI!

By admin