Cara Atasi Error Saat Coding - Blog Tekno UNISBANK
cara atasi error saat coding

Error saat melakukan pemerograman (coding) serikali terjadi terutama saat membuat program misalkan dengan nodejs. kita mengambil tutorial secara online baik dari video youtube maupun blog. Pada artikel kali ini kita akan coba bahasa cara mengatasi error saat coding. bagaimana cara yang tepat untuk atasi error saat coding? ikuti langkah berikut :

  • Siapkan mental

Kenapa kita harus mempersiapkan mental karena perlu kita ketahui error bisa terjadi pada program yang di tulis siapa saja baik yang baru belajar hingga yang telah berpengalaman. Siapa saja berpotensi alami error Tidak ada programmer yang 100% lancer dalam membangun sebuah program hal ini menuntut kita sebagai orang yang memplajari pemrograman untuk berdamai dengan error dengan kata lain saat kita mengalami error kita tidak perlu panik apalagi putus asa

“Error Adalah bagian dari pemrograman” kutipan tersebut merupakan kata dari salah satu dosen fakultas teknologi informasi unisbank semarang, berdasarkan pengalaman dari penulis artikel ini saya pernah mengalami error tapi teman saya tidak padahal apa yang kita tulis sama persis dari hal ini kita harus yakin kita bisa mengatasi masalah error saat coding.

  • Baca pesan error

Pesan error akan muncul apabila ada coding yang salah bahkan nomer baris program yang error juga seringkali munculpada umumnya tipe error ada 3 :

  1. Syntax error

Syntax error akan terjadi saat kita salah tulis code (typo)  

2. Semantic error

Semantic error terjadi saat adalah kesalahan makna contoh sederhana saat kita menggunakan bahasa pemrograman php kita harus perhatikan ketika kita akan melakukan penjumlahan nilai dengan tipe data berbeda misalkan pada teks field sering terjadi teks field menganggap tipe datanya string padahal kita inginkan integer. Sedangkan contoh pada javascript ada istilah variable scope misalkan kita salah menggunakan keyword pada variable saat kita menggunakan var hasilkan mungkin tidak sesuai seperti saat kita gunakan count.

3. Logic error

Hal ini terjadi karena kesalah logika misalkan infinity loop (looping forever) kita salah melakukan logika looping sehingga perulangannya berjalan terus menerus, atau ketika kita tidak sengaja membagi angka dengan 0.

Jika kita telah menulis coding secara benar (sesuai tutorial) tapi ada pesan error bacalah membaca pesan error sekaligus barisnya apabila pada barus tersebut telah benar coba cek code di atasnya karena pada umumnya compiler membaca code hingga baris yang terdapat error. Misalkan error ada di baris 13 silahkan cek baris 12.

  • Googling

Kita bisa cari pesan error, solusi dan cara mengatasinya karena error di mesin pencari google tersebut kemungkinan besar tidak hanya kita yang mengalami. Kemungkinan kita akan diarahkan ke stackover flow, video atau artikel yang membahas pesan error tersebut.

  • Sesuaikan konfigurasi

Saat cara menghadapi error diatas telah kita laksanakan tapi tetap terjadi error padahal script code nya telah sesuai petunjuk kemungkinan selanjutnya mungkin saja code editor, system operasi, software berbeda dengan tutorial yang kita ikuti dan yang paling sering terjadi versi yang kita gunakan berbeda dengan di tutorial misalkan pada tutorial tersebut menggunakan php versi 7.2 namun yang kita gunakan adalah php versi 5.2 begitu pula sebalikanya saat kita menyesuaikan dengan tutorial yang di publish pada 2 tahun yang lalu misalkan tutorial bootstrap dan disana menggunakan bootstrap versi  tapi kita praktekkan dengan versi terbaru (bootstrap 4) hal ini juga bisa memicu terjadinya error.

  • Bertanya

Kenapa bertanya saya simpan pada cara terakhir untuk mengatasi error secara mandiri sehingga kita bisa mengambil pelajaran dari pengalaman kita sendiri.

Cukup sekian artikel tentang Cara Atasi Error Saat Coding pada blog tekno unisbank semoga bermanfaat

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *