Bagi anda pemilik website yang mengejar traffic tinggi dan peringkat teratas di mesin pencari, menerapkan berbagai teknik SEO (search engine optimization) merupakan langkah yang paling tepat. Akan tetapi, di luar sana ada banyak sekali teknik SEO yang bisa diadopsi. Oleh karena itu, cara meningkatkan SEO website paling ampuh berikut ini bisa anda coba.

Tips Jitu Meningkatkan SEO Website 

1. Tekankan Pada Konten yang Berkualitas

Jika anda sebelumnya biasa melakukan pengoptimalan kata kunci untuk meningkatkan SEO website, perlu diketahui bahwa saat ini SEO tidak lagi hanya tentang itu. Pasalnya, sekarang algoritma Google sudah lebih canggih dan cerdas. Sehingga tidak ada lagi taktik rahasia yang bisa membantu konten spam berkualitas rendah mendapat peringkat tinggi.

Dengan kata lain, anda perlu menekankan konten yang berkualitas pada website. Bisa dibilang bahwa kualitas konten ini merupakan hal paling penting untuk kesuksesan SEO. Dimana tidak ada jalan pintas lain di sekitarnya, meski hanya mengembangkan konten saja tentu masih belum cukup.

2. Buat Sitemap

Cara meningkatkan SEO website selanjutnya yaitu dengan membuat sitemap, atau daftar berisikan semua halaman website yang bisa diakses oleh pengunjung maupun mesin pencari. Dimana dengan adanya elemen tersebut, maka website anda pun akan jauh lebih mudah ditemukan dan lebih cepat terindeks.

Tidak hanya itu saja, adanya sitemap sekaligus dapat memberitahu mesin pencari apabila anda melakukan perubahan terhadap struktur website. Sitemap sendiri terdiri atas dua jenis yakni sitemap XML dan HTML. Bedanya yaitu sitemap XML adalah yang diakses oleh mesin pencari, sementara sitemap HTML diakses oleh pengunjung website.

3. Manfaatkan Google Analytics

Google Analytics membantu anda mengetahui rata rata waktu kunjungan halaman. Ini sangat penting untuk meningkatkan SEO website. Pasalnya, jika waktu kunjungan hanya di bawah satu menit maka konten yang anda sajikan kemungkinan besar tidak dibaca oleh pengunjung secara menyeluruh.

Itulah kenapa penting untuk melihat tingkat bounce rate dan exit percentage sebagai cara meningkatkan SEO website. Dimana bounce rate yaitu berapa banyak orang yang mengunjungi halaman namun tidak melakukan tindakan lebih, sedangkan exit percentage yaitu berapa persen pengunjung yang langsung meninggalkan website setelah membuka situs web.

Dengan mengetahui jumlah bounce rate dan exit percentage tersebut, anda bisa melihat bagaimana kualitas halaman yang dimiliki oleh website. Lakukan analisis dan evaluasi, kenapa pengunjung tidak bertahan lama melihat halaman atau kenapa mereka tidak melakukan tindakan lainnya.

4. Tingkatkan Kecepatan Website

Meningkatkan kecepatan website merupakan salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan SEO dan mendapatkan traffic. Karena hampir semua orang tidak betah untuk menunggu loading yang terlalu lama. Data bahkan menyebutkan bahwa sekitar 53% pengguna internet, langsung meninggalkan situs web yang memiliki kecepatan loading lebih dari 3  detik.

Jadi sebagus apapun konten yang telah anda buat, dan meskipun anda sudah membuat sitemap. Hal tersebut tidak akan banyak berarti apabila kecepatan website di bawah rata rata. Karena kebanyakan pengguna internet tidak memiliki toleransi terhadap loading lambat tersebut.

5. Optimasi Gambar

Manusia memang sejatinya adalah makhluk visual. Itulah kenapa cara meningkatkan SEO website paling ampuh selanjutnya yaitu dengan melakukan optimasi gambar. Adanya gambar bukan hanya bertujuan untuk mencegah pengunjung merasa bosan. Tapi elemen tersebut juga akan membantu audiens dalam memahami konten yang disajikan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teknik SEO umumnya ada banyak sekali. Namun beberapa tips di atas merupakan cara jitu yang patut untuk anda coba. Tentunya anda juga perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan lainnya, supaya SEO website bagus dan dapat menaikkan traffic dan peringkatnya di mesin pencari.

By admin