Mengenal 4 Manfaat Landing Page dalam Bisnis yang Ampuh untuk Digital Marketing

Landing page merupakan halaman web mandiri yang sengaja dibuat untuk keperluan marketing. Bahkan landing page semakin digemari oleh pegiat internet marketing, lantaran dapat membantu mendeskripsikan produk apa yang dijualnya kepada masyarakat. Berikut beberapa manfaat landing page dalam bisnis yang membuatnya begitu penting bagi pelaku usaha berbasis online.

Contents

Manfaat Landing Page

1. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Iklan Berbayar

Dengan menggunakan iklan berbayar layaknya Google Ads atau Facebook Ads, anda bisa langsung mendapatkan traffic menuju landing page. Syaratnya yaitu anda perlu mengalokasikan budget iklan untuk istilahnya membeli traffic. Karena landing page yang berkualitas bisa membantu dalam mengontrol budget.

Sebagai contoh, anda sudah membuat landing yang digunakan untuk menawarkan sebuah produk. Kemudian anda mengiklankannya melalui Facebook Ads, sekaligus menggunakan fitur Facebook Pixel. Setelah itu, ada sekitar 500 pengunjung yang datang ke landing page tersebut.

Namun hanya 5% dari total tersebut yang menghubungi anda, sedangkan 95% lainnya memilih untuk pergi. Terlihat angka yang cukup kecil ? Jangan langsung bersedih, kabar baiknya adalah Facebook Pixel yang dipasang pada landing page sudah menyimpan semua data dari 500 pengunjung tersebut. Sehingga anda tetap bisa mengiklankan produk ke 95% sisanya yang pergi tadi.

2. Meningkatkan Lead Conversion

Manfaat landing page dalam bisnis selanjutnya yaitu membantu mendatangkan sekaligus meningkatkan pelanggan potensial terhadap usaha anda. Karena seperti yang telah disinggung sebelumnya, adanya landing page memungkinkan anda untuk merekam data, alamat email, serta nomor pelanggan.

Yang mana semua data tersebut akan memperkaya database anda. Sehingga dari data leads ini, nantinya bisa dimanfaatkan untuk memilah terkait konsumen yang telah membeli produk dan mana yang belum. Berdasarkan data tersebut, anda pun bisa menentukan strategi pemasaran selanjutnya agar pelanggan potensial yang belum membeli menjadi berkeinginan untuk melakukan transaksi.

3. Membantu Mencapai Goals Bisnis

Salah satu manfaat lainnya dari landing page adalah membantu dalam mencapai goals bisnis. Dimana tujuan utama dalam sebuah bisnis sudah pasti mendapatkan penjualan sebanyak banyaknya. Dalam hal ini, para pebisnis mempunyai berbagai strategi untuk menjual produk usaha mereka.

Ada pebisnis yang langsung menerapkan strategi hard selling, dan ada juga yang memilih strategi soft selling. Strategi soft selling sendiri belakangan lebih populer, karena dinilai lebih efektif. Caranya yaitu dengan mengumpulkan database calon pembeli terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan follow up dari tim sales sampai menghasilkan penjualan.

Di sinilah peran landing page akan sangat membantu. Manfaat landing page dalam bisnis yaitu memungkinkan anda untuk membuat konten penawaran yang edukatif dan informatif. Sehingga calon pembeli pun akan merasa tertarik untuk membeli produk anda. Alhasil tingkat penjualan pun menjadi meningkat.

4. Meningkatkan Brand Awareness dan Kredibilitas

Meningkatkan brand awareness dan kredibilitas menjadi salah satu keuntungan yang dapat diberikan oleh landing page. Perlu anda ketahui terlebih dahulu, bahwa social proof atau testimonial dari pembeli sebelumnya merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan pada landing page.

Anda bisa meletakkan testimonial setelah benefit dan manfaat produk. Nantinya keberadaan social proof tersebut akan membantu meningkatkan kredibilitas usaha anda, membuktikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memang berkualitas. Pada akhirnya manfaat landing page dalam bisnis membuat pengunjung terus meningkat, sehingga turut meningkatkan brand awareness.

Itulah berbagai manfaat yang dapat dihadirkan melalui landing page. Sehingga landing page ini termasuk salah satu elemen penting dalam digital marketing. Jika ingin terus bersaing di bidang bisnis berbasis online seperti yang terjadi di era modern seperti sekarang, maka anda harus menerapkan landing page tersebut dan belajar bagaimana cara membuatnya supaya lebih menarik.

By admin