Tips dan Trik Visual Studio Code Bagian 4 - Blog Tekno UNISBANK

Visual Studio Code adalah alat pemrograman fundamental untuk mengedit source code aplikasi komputer. Microsoft mengembangkan tool ini untuk dapat berjalan di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac. Aplikasi editor ini bersifat open-source, sehingga bisa kita gunakan secara gratis. Kita akan membahas tips & trik yang semua developer harus tahu saat menggunakan Visual Studio Code. Di sini kita akan membahas snippets, keymaps, SSH, dan zen mode.

Untuk melihat tips dan trik sebelumnya Anda bisa lihat di sini.

Di bawah ini adalah daftar tips dan trik dalam menggunakan Visual Studio Code bagian 4.

Contents

Snippets

Snippets adalah templat yang memudahkan kita untuk menulis kode yang berulang-ulang, seperti loop atau pengkondisian (if-else). Di VSCode, snippets bisa kita buat dengan membuka command palette dan mencari Preferences: Configure User Snippets lalu memilih bahasa pemrograman yang akan kita buat snippets-nya. Di sini kita membuat snippets untuk HTML agar memudahkan dalam membuat tag pembuka dan penutup PHP. Selain membuat sendiri, snippets juga bisa kita unduh lewat Extension Marketplace dengan mencari nama framework yang sedang kita gunakan.

snippets example
Contoh snippets untuk membuka dan menutup tag PHP di HTML

Lalu, saat kita menuliskan prefix di atas di file HTML maupun PHP, teks pada body akan tertulis otomatis seperti pada di bawah ini.

snippets
Penggunaan snippets

Keymaps

Untuk para pemula dan developer berpengalaman yang sudah terbiasa menggunakan editor lain, Visual Studio Code menyediakan keymaps yang membawa tombol kombinasi dari editor lain ke Visual Studio Code. Kita bisa melihat semua keymaps yang tersedia lewat Marketplace atau dengan command palette, lalu mencari Preferences: Keymaps. Keymaps yang tersedia saat ini antara lain yaitu Vim, Sublime, IntelliJ IDEA, Atom, Notepad++, Eclipse, Visual Studio, Emacs, Brackets, dan Delphi.

SSH

Tidak hanya mengedit file local, VSCode juga menyediakan ekstensi Remote – SSH yang bisa kita pasang lewat Marketplace. Remote SSH ini memungkinkan kita mengedit file dan folder melalui SSH di server Anda.

Zen mode

Zen mode adalah salah satu fitur VSCode yang menutup semua menu, kecuali file yang sedang kita buka. Fitur ini biasa gunakan developer agar tidak terganggu oleh hal lain saat sedang melakukan koding. Fitur ini mirip dengan “Do Not Disturb” pada smartphone. Untuk mengaktifkan zen mode, kita bisa membuka command palette, lalu memilih View: Toggle Zen Mode.

zen mode
Tampilan setelah zen mode diaktifkan

Itulah pembahasan kita mengenai snippets, keymaps, SSH, dan zen mode. Kemudahan dan kenyamanan saat mengembangkan suatu sistem sangat penting bagi developer. Semoga tips dan trik di atas dapat memudahkan para pembaca dalam mengembangkan sistemnya.

Untuk melihat tips dan trik selanjutnya Anda bisa lihat di sini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *